Pelatihan Arab Pegon bagi Santri Baru guna Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Darul Huda Putri
Abstrak
Referensi
Ahmadi, dkk. 2021. Pedoman KPM-DDR 2021 Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Ponorogo: IAIN Ponorogo.
Azizah, Binti Fatatin. 2008. Upaya Peningkatan Kualitas Membaca Kitab Kuning Melalui Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Probolinggo. Skripsi. Malang: Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Malang.
Dahlan, Juwairiyah. 1992. Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab. Surabaya: Al-Ikhlas.
Fikri, Ibnu. Aksara Pegon: Studi Tentang Simbol Perlawanan Islam Jawa Abad Ke Xviii-Xix.
Hidayatullah, Maulana Syarif. 2016. Arab Pegon; Studi Analisis Tentang Implementasi Menulis Arab Pegon Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Akhlaq di Madrasah Diniyyah Muhammadiyah Bae Kudus Tahun Pelajaran 2015/1016M / 1436/1437H. Skripsi. Kudus: Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus.
Koentjaraningrat. 1994. Kebudayaan Jawa. Jakarta: Balai Pustaka.
Mochtar, Afandi. 1999. Pesantren Masa Depan, Wacana Pemberdaya dan Transformasi; Pesantren Tradisi Kitab Kuning Sebuah Observasi Umum. Bandung: Pustaka Hidayah.
Nadhir Salahuddin, dkk. 2015. Panduan KKN ABCD UIN Sunan Ampel Surabaya Asset Based Community-driven Development (ABCD). Surabaya: LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya.
Noordyanto, Naufal. 2016. Tipologi Arab Pegon dalam Praktik Berbahasa Madura di Tengah Dinamika Kebudayaan yang Diusung Huruf Latin dalam Jurnal Dekave. Vol. 9, No. 2.
Nurdiyanah, dkk. 2016. Panduan Pelatihan Dasar Asset Based Community-Driven Development (ABCD). Makassar: Nur Khairunnisa.