Tantangan dan Peluang Pelaksanaan Kelas Literasi Informasi Daring di Masa Pandemi Covid-19

Abstract views: 850 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1136

Abstract

Merebaknya wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) menimbulkan berbagai macam aktifitas yang berkaitan dengan banyak orang menjadi tertunda. Anjuran diterapkannya social distancing membuat banyak kalangan harus lebih kreatif untuk tetap menjalankan aktifitasnya, tidak terkecuali perpustakaan. Kegiatan kelas literasi Informasi yang biasa diselenggarakan di perpustakaan secara tatap muka (luring) harus tertunda selama masa pandemi belum berakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan dan peluang yang dihadapi perpustakaan dalam penyelenggaraan kelas literasi informasi daring selama masa pandemi Covid-19. Penulisan artikel ini menggunakan metode literature review, yaitu dengan mengkaji literatur dari topik yang relevan dengan judul penelitian. Literatur yang digunakan meliputi buku, jurnal, artikel ilmiah yang saling terkait dan menganalisis data secara deskriptif tentang kegiatan kelas literasi yang telah dilaksanakan oleh beberapa perpustakaan. Tantangan yang dihadapi saat penyelenggaraan kelas literasi informasi daring selama masa pandemi ialah minimnya interaksi secara langsung dengan peserta, koneksi internet lambat, kurangnya penguasaan materi serta pengajar tidak dapat melihat dan memberikan solusi secara keseluruhan terhadap kendala yang dihadapi oleh masing-masing peserta. Sedangkan Peluang yang dapatkan ialah perpustakaan dapat menjangkau peserta lebih banyak tanpa terkendala keterbatasan ruang dan waktu jika dibandingkan saat pelaksanaan kelas literasi informasi secara luring dan meningkatnya akses e-resources perpustakaan.

Author Biography

Risti Ari Wulandari, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
Perpustakaan

References

Abdul Latip. 2020. “Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19.” EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran 1 (2): 108–16. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956.

Farida, Umi, and A Noer Adhi. 2020. “Keefektifan Literasi Digital UPT Perpustakaan Universitas Semarang Di Masa Pandemi” 1 (2): 32–37.

Fatmawati, Endang. 2020. “Kompetensi Literasi Informasi Pustakawan Di Era Infodemik.” Nusantara Journal of Information and Library Studies 3 (2): 172–87. ojs.uninus.ac.id/index.php/JILS.

Himawan, Deden. 2014. “Pengantar Literasi Informasi.” Bogor. http://www.cilip.org.uk.

Iskandar. 2016. “Literasi Informasi: Perspektif Pustakawan.” Jupiter XV (1): 10–15.

Rifauddin, Machsun. 2020. “KULIAH DARING: Kemampuan Literasi Informasi Diuji.” In Kuliah Daring Di Tengah Covid-19 Dari Berbagai Perspektif, edited by Amrullah Ali Moebin, 1st ed., 79–86. Tulungagung: IAIN Tulungagung Press.

Sutarsyah, Vivit Wardah Rufaidah, and Retno Sri Mulyandari. 2020. “Peran Virtual Literacy Di Masa Pandemi COVID-19 : Best Practices Pusat Perpustakaan Dan Penyebaran Teknologi Pertanian Kementerian Pertanian Direktorat Hortikultura Kementerian Pertanian” 27 (2): 178–88.

Sutrisna, I P G. 2020. “Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19.” Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni 8 (2): 268–83. https://doi.org/10.5281/zenodo.3884420.

WHO. 2021. “Coronavirus Disease (COVID-19) Pandemic.” Www.Who.Int. 2021. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019.

Yunus, Nur Rohim, and Annissa Rezki. 2020. “Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 7 (3): 227–38. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083.

Yusniah. 2016. “Information Literacy of Library Science.” JIPI: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 1 (1): 12–28. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/article/view/96.

PlumX Metrics

Published
2021-06-04
How to Cite
Wulandari, R. A. (2021). Tantangan dan Peluang Pelaksanaan Kelas Literasi Informasi Daring di Masa Pandemi Covid-19. Pustakaloka, 13(1), 59-72. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v13i1.2538
Section
Articles