Perbandingan Kepuasan Pengguna Aplikasi Maktabah Syamilah Versi Desktop dan Mobile di Kalangan Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang
Indonesian
DOI:
https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v16i2.9727Abstract
Aplikasi Maktabah Syamilah telah menjadi salah satu perpustakaan digital yang sangat diminati di kalangan akademisi, khususnya dalam studi Islam, karena menyediakan akses mudah kepada ribuan buku dan literatur dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Arab. Dalam perkembangannya, aplikasi ini tersedia dalam dua versi, yaitu desktop dan mobile, masing-masing dengan karakteristik penggunaan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat kepuasan pengguna antara versi desktop dan mobile Maktabah Syamilah di kalangan mahasiswa Magister Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang mengeksplorasi aspek-aspek seperti kemudahan penggunaan, kegunaan, dan kepuasan pengguna terhadap kedua versi aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa cenderung lebih puas dengan versi mobile dalam hal kemudahan penggunaan dan kepuasan secara umum, meskipun versi desktop dinilai lebih bermanfaat dalam beberapa aspek. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan aplikasi perpustakaan digital di masa depan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan efektivitas dalam mendukung kegiatan akademik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Requirements to be met by the author as follows:
- Author storing copyright and grant the journal right of first publication manuscripts simultaneously with licensed under the Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with a statement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors can enter into the preparation of additional contractual separately for non-exclusive distribution of a rich version of the journal issue (eg: post it to an institutional repository or publish it in a book), with the recognition of initial publication in this journal.
Authors are allowed and encouraged to post their work online (eg, in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, because it can lead to productive exchanges, as well as citations earlier and more severe than published works. (see The Effect of Open Access).