Analisa Kualitas Layanan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan Metode LibQual dan WebQual
DOI:
https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v16i2.10795Abstrak
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu LibQual dan WebQual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap kualitas layanan dan layanan web di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian dilakukan terhadap 100 sampel pemustaka di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang ditentukan dengan accidental sampling. Jumlah sampel tersebut diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan penggunaan margin of error 10%. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan diukur menggunakan skala Likert. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas layanan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dari dimensi affect of service, information control, dan library as place adalah sangat baik dengan niali rata-rata 3,47. Kualitas web Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dilihat dari usability quality, information quality, dan interaction quality sangat baik, nilai rata-ratanya 3,39. Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dilihat dari tempat hiburan/rekreasi dan tampilan web yang dinilai kurang menarik. Nilai masing-masing item tersebut adalah 3,07 dan 3,21 yang artinya di bawah nilai rata-rata dari penelitian ini.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Requirements to be met by the author as follows:
- Author storing copyright and grant the journal right of first publication manuscripts simultaneously with licensed under the Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with a statement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors can enter into the preparation of additional contractual separately for non-exclusive distribution of a rich version of the journal issue (eg: post it to an institutional repository or publish it in a book), with the recognition of initial publication in this journal.
Authors are allowed and encouraged to post their work online (eg, in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, because it can lead to productive exchanges, as well as citations earlier and more severe than published works. (see The Effect of Open Access).