Analisa Kualitas Layanan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan Metode LibQual dan WebQual

Penulis

  • Khusnul Khotimah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Sri Astuti Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Ismiyatin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v16i2.10795

Abstrak

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu LibQual dan WebQual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap kualitas layanan dan layanan web di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian dilakukan terhadap 100 sampel pemustaka di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang ditentukan dengan accidental sampling. Jumlah sampel tersebut diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan penggunaan margin of error 10%. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan diukur menggunakan skala Likert. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas layanan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dari dimensi affect of service, information control, dan library  as  place adalah sangat baik dengan niali rata-rata 3,47. Kualitas web Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dilihat dari usability quality, information quality, dan interaction quality sangat baik, nilai rata-ratanya 3,39. Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dilihat dari tempat hiburan/rekreasi dan tampilan web yang dinilai kurang menarik. Nilai masing-masing item tersebut adalah 3,07 dan 3,21 yang artinya di bawah nilai rata-rata dari penelitian ini.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-05

Cara Mengutip

Khotimah, K., Astuti, S., & Ismiyatin. (2025). Analisa Kualitas Layanan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan Metode LibQual dan WebQual. Pustakaloka, 16(2), 200–221. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v16i2.10795

Terbitan

Bagian

Articles