LITERASI DIGITAL MODERASI BERAGAMA MAHASISWA UIN K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO

Penulis

  • Umi Haniati Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Nisa Adelia Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Rheza Ega Winastwan Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v16i2.9735

Abstrak

Abstrak : Perkembangan teknologi dan informasi di era sekarang telah membawa banyak pengaruh dalam kehidupan manusia. Seringkali dijumpai di Media Sosial konflik antar masyarakat memperdebatkan mengenai keragaman agama di Indonesia. Peneliti ingin mengetahui mengenai bagaimana Literasi Digital Moderasi Beragama Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian mahasiswa strata satu, sedangkan sampel penelitian sebanyak 266 mahasiswa. Berdasarkan olah data pada angket yang disebarkan, diketahui bahwa kemampuan literasi digital mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto yaitu cukup baik dalam berbagai aspek literasi digital, masih ada ruang untuk peningkatan, terutama dalam hal kreativitas dalam mengkomposisikan pesan, partisipasi aktif dalam aksi sosial, dan kemampuan berkolaborasi dengan berbagai pihak. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengembangan strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan literasi digital moderasi beragama melalui kurikulum perkuliahan dan Pusat Kajian Moderasi Beragama dan Pancasila di UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto sehinggat lebih giat dalam melakukan sosialisasi kepada mahasiswa dalam bentuk literasi digital moderasi beragama.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-05

Cara Mengutip

Haniati, U., Adelia, N., & Winastwan, R. E. (2025). LITERASI DIGITAL MODERASI BERAGAMA MAHASISWA UIN K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO . Pustakaloka, 16(2), 222–245. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v16i2.9735

Terbitan

Bagian

Articles