REPRESENTASI WELL BEING DOSEN PEMULA DI ERA SOCIETY

Authors

  • Muh. Azhar Mubarak Universitas Negeri Semarang
  • Ibnu Azka State Islamic University of Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Permasalahan psikologis menjadi isu penting dalam dunia kerja, khususnya bagi para dosen pemula. Isu ini dapat berdampak negatif terhadap perkembangan profesional mereka. Oleh karena itu, keberadaan well-being yang memadai sangat dibutuhkan untuk mendukung adaptasi dan produktivitas dosen di awal kariernya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk well-being yang dialami dosen pemula serta menganalisis pengaruh konsep diri terhadap pencapaian well-being tersebut. Temuan penelitian ini menunjukkan adanya dilema dalam penerapan teori hierarki kebutuhan yang dikembangkan oleh Abraham Maslow. Berdasarkan data yang dihimpun, dosen pemula tidak secara linear mengikuti tahapan hierarki tersebut. Hal ini menjadi temuan baru bahwa pencapaian well-being pada dosen pemula bersifat dinamis dan sangat dipengaruhi oleh konteks situasi serta kondisi lingkungan kerja masing-masing individu.

Downloads

Published

2025-09-16

How to Cite

Muh. Azhar Mubarak, & Ibnu Azka. (2025). REPRESENTASI WELL BEING DOSEN PEMULA DI ERA SOCIETY. ROSYADA: Islamic Guidance and Counseling, 6(1). Retrieved from https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/rosyada/article/view/10724