ANALISIS INTERAKSI SOSIAL SISWA SEKOLAH INKLUSIF DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS BERDASARKAN JENIS KELAMIN DAN TINGKAT SIMPATI

Authors

  • Muhammad Ali IAIN Ponorogo

Abstract

Sekolah merupakan lingkungan kedua setelah lingkungan sekolah, di mana siswa mampu mengembangkan berbagai aspek dalam diri melalui interaksi mereka dengan siswa lain yang memiliki karakteristik yang berbeda. Interaksi antara siswa dengan anak berkebutuhan khusus sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya perbedaan jenis kelamin dan tingkat simpati siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan interaksi antar siswa dilihat dari perbedaan jenis kelamin, perbedaan tingkat simpati, dan interaksi variabel jenis kelamin dan tingkat simpati dalam proses interaksi siswa dengan anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Penelitian ini melibatkan 67 siswa sekolah dasar tingkat atas, yang terdiri dari 36 siswa laki-laki dan 31 wanita. Pengumpulan data menggunakan quisioner. Analisis data dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Temuan penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan interaksi sosial berdasarkan jenis kelamin, namun terdapat perbedaan yang signifikan interaksi antar siswa berdasarkan tingkat simpati dan terdapat interaksi antara variabel jenis kelamin dengan tingkat simpati terhadap interaksi siswa dengan anak berkebutuhan khusus. Hasil penelitian ini dapat membantu mengurangi stereotip gender dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya interaksi sosial yang seimbang serta berimplikasi bagi sekolah untuk merancang pendidikan yang dapat menumbuhkan sikap simpati bagi warga sekolah sehingga terjalin interaksi yang seimbang di lingkungan sekolah.

Downloads

Published

2025-09-02

How to Cite

Ali, M. (2025). ANALISIS INTERAKSI SOSIAL SISWA SEKOLAH INKLUSIF DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS BERDASARKAN JENIS KELAMIN DAN TINGKAT SIMPATI. ROSYADA: Islamic Guidance and Counseling, 6(1). Retrieved from https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/rosyada/article/view/11495