DAMPAK SELF CONVIDENCE GURU TERHADAP PERFORMA MENGAJAR: KAJIAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Authors

  • Akhmaliah Siti Nailan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self-confidence guru terhadap performa mengajar dalam perspektif psikologi pendidikan. Self-confidence memainkan peran penting dalam efektivitas proses pembelajaran dan interaksi guru dengan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional, melibatkan 20 guru di MIN Bandung sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner tertutup dengan skala Likert, sementara analisis data menggunakan uji korelasi Spearman’s Rank. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara self-confidence guru dan performa mengajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,833. Selain itu, self-confidence guru berkontribusi sebesar 69% terhadap performa mengajar, sementara 31% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, peningkatan self-confidence dapat menjadi strategi efektif dalam pengembangan profesionalisme guru. Implikasi penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar dalam merancang program pelatihan guru yang berfokus pada penguatan self-confidence guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

Downloads

Published

2025-12-15