Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa kelas XI di SMK Bhakti Persada Bekasi
Abstract
Kecerdasan emosional dan prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi
belajar kelas 11 SMK Bhakti Persada Bekasi. Dengan sampel sebanyak 77 siswa. Metode
peneliti yang digunakan untuk penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis korelasional.
Selain itu menggunakan analisis kuantitatif. Dari penelitian ini penulis menarik
kesimpulan bahwa dari data yang di peroleh mendapatkan koefisien korelasi sebesar
0,480 berarti data tersebut menunjukan bahwa rendahnya hubungan antara kecerdasan
emosional dengan prestasi belajar siswa di SMK Bhakti Persada Bekasi dan kemudian
uji hipotesis thitung dengan ttable menghasilkan thitung > ttabel yaitu 4,7387 > 1,99210. dengan
hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa H1 diterima atau H0 ditolak artinya adanya
hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa kelas 11 SMK Bhakti
Persada.