HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA OTORITER TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA DI DESA PLALANGAN

Puput Chusnul Chotimah(1*)

(1) IAIN Ponorogo
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pola asuh orang tua otoriter dan perilaku agresif remaja serta untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua otoriter dan perilaku agresif remaja di Desa Plalangan. Pola asuh otoriter orang tua dapat mempengaruhi perilaku terhadap remaja, remaja menjadi lebih tertekan, orang tua kurang memperhatikan remaja tetapi menuntut untuk menjadi yang dia inginkan, bahkan orang tua membandingkan dengan remaja-remaja lain sehingga remaja menjadi tertekan, serta orang tua kurang mendukung dalam stimulus perkembangannya remaja. Sampel yang digunakan 80 responden. Teknik pengambilan sampel dengan kuesioner dan analisis yang digunakan mengunakan uji instrument, uji statistik, dan uji hipotesis.Hasil penelitian meninjukkan bahwa tingkat pola asuh orang tua otoriter sebanyak 80 responden (65%)orang tua pola asuh otoriter tingkat sedang. Kemudian perilaku remaja agresif sebanyak 80 responden (61,3%) remaja mengalami perilaku agresif tingkat sedang. Berdasarkan uji hipotesis terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua otoriter dengan perilaku agresif remaja pada taraf signifikan 1% r hitung = 0,802> r tabel 0,219 maka hipotesis alternatif diterima.

Kata kunci: pola asuh, perilaku agresif, remaja.


Full Text:

PDF

References


Erni Agustina Setiowati. “Gambaran Agresifitas Anak Dan Remaja di Area Beresiko. Jurnal Proseding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonisia, 2007.

Kartono. Perbandingan perilaku agresif antara remaja yang berasal dari Keluarga bercerai dengan keluarga utuh.Jurnal Psikologi Vol 3, no. 1 2005.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Kamus bahasa indonisia. Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Nurhalimah, siti, media sosial masyarakat pesisir: refleksi mahasiswa bidikmisi, deepublish:2019.

Walgito Bimo, bimbingan penyuluhan di sekolah. Yokyakarta: Fakultas Psikologi UGM, 1989.




DOI: https://doi.org/10.21154/rosyada.v2i2.3535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.