PENGENDALIAN DIRI REMAJA PENGENDALIAN DIRI REMAJA MELALUI KEGIATAN PENCAK SILAT SISWA DI MTsN 6 PONROGO KEGIATAN PENCAK SILAT SISWA DI MTsN 6 PONROGO

Hamid Mahendrat Kusworo(1*)

(1) IAIN Ponorogo
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini yang pertama, untuk mengetahui bentuk pengendalian diri pada pencak silat. Kedua, untuk mengetahui bentuk peningkatan pengendalian diri siswa MTsN 6 Ponorogo. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama, bagaimana pengendalian diri remaja yang mengikuti kegiatan pencak silat. Kedua, Bagaimana bentuk- bentuk peningkatan pengendalian diri remaja melalui kegiatan pencak silat di MTsN 6 Ponorogo. Untuk menjawab permasalahan terebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mendapatkan data dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk peningkatan pengendalian diri siswa MTsN 6 Ponorogo sesuai dengan teori yang dipaparkan peneliti. Pertama, mampu mengendalikan emosi. Kedua, Mampu beradaptasi, penyesuaian ini dapat berarti mengubah diri pribadi sesuai dengan keadaan lingkungan. Siswa yang mengikuti pencak silat dapat menyesuaikan diri dimana ia berada. Ketiga, Prestasi yang didapatkan pada pencak silat akan mengembangkan kreativitas siswa. Melalui permasalahan yang dihadapi otomatis akan membuat siswa berfikir untuk menemukan jalan keluarnya. Kreativitas siswa akan membuat suasana menjadi nyaman dan kondusif. Terjadi peningkatan pengendalian diri pada siswa yang mengikuti kegiatan pencak silat. Hal ini terjadi melalui pengalaman dan pembelajaran ketika mengikuti kegiatan pencak silat. Seperti mampu bersosialisai, lebih menghormati orang tua/orang dewasa, peka terhadap lingkungan, dan memiliki kepribadian yang lebih dewasa.

Kata kunci: Pengendalian diri, pencak silat, remaja, kecerdasan emosi.

Full Text:

PDF

References


Basrowi; Suwandi. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008.

Goleman, D. Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1999.

Idris, A. “Hubungan Antara Pengendalian Diri Dan Religiusitas Dengan Perilaku Seks Bebas Remaja” 3, no. 1 (2018).

Kriswantoro, E.S. Pencak Silat: Sejarah Dan Perkembangan Pencak Silat Teknik- Teknik Dalam Pencak Silat Pengetahuan Dasar Pertandingan Pencak Silat. Yogyakarta: Pustaka Baru, 2015.

Magsan, M.A. “Membangun Kontrol Diri Remaja Melalui Pendekatan Islam Dan Neuroscience.” Psikologika 22, no. 1 (2017).

Mulyana. Pencak Silat Membangun Jati Diri Dan Karakter Bangsa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Ndari, S.S.; Amelia, V. & Khusianawati, M. Metode Perkembangan Sosial Anak Sejak Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher, 2018.

Purwanto, M.N. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Trilaksana, A. “Perkembangan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Tahun 1948-1973.” Jurnal Pendidikan Sejarah 6, no. 3 (2018).




DOI: https://doi.org/10.21154/rosyada.v2i2.3541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.