PERAN PEMBIMBING PENYULUHAN ISLAM DALAM REHABILITASI SOSIAL KEAGAMAAN PADA DEWASA TERLANTAR

  • Farah Nadiyah Hilmy IAIN Ponorogo
Abstract views: 387 , PDF downloads: 356

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan upaya pembimbing penyuluhan Islam dalam penyelesaian masalah dewasa terlantar di Unit Rehabilitasi Sosial Bina Karya Madiun di Ponorogo metode bimbingan penyuluhan Islam dalam memenuhi kebutuhan dewasa terlantar di Unit Rehabilitasi Sosial Bina Karya Madiun di Ponorogo. Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknis analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian secara ringkas menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan pembimbing penyuluhan islam dalam penyelesaian masalah dewasa terlantar menurut dilapangan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. metode bimbingan penyuluhan Islam dalam memenuhi kebutuhan dewasa terlantar menurut dilapangan yaitu ceramah, dialog dan tanya jawab, konsultasi, talaqqi.

Kata Kunci: Bimbingan Penyuluhan Islam, rehabilitasi sosial, dewasa

References

Abdul Qawi. Peningkatan Prestasi Belajar Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Di Mtsn Gampong Teungoh Aceh Utara, Jurnal Ilmiah Islam Futura Vol. 16. No. 2, Februari, 2017.

Amirah diniaty. Evaluasi Bimbingan Konseling. Riau: Zanafa Publishing, 2012.

Aminatuz Zahro. Peran Bimbingan dan Penyuluhan Islam dalam Rehabilitasi Sosial Keagamaan Pada Lanjut Usia Terlantar di Unit Rehabilitasi Sosial “Mandiri” Semarang II. Semarang: UIN Walisongo, 2014.

Arif Joko. Peran Pekerja Sosial dalam Merehabilitasi Masalah Pengemis, Gelandangan, dan Orang Terlantar (Pgot) di Panti Pelayanan Sosial Pgot Mardi Utomo Semarang. Surakarta: IAIN Surakarta, 2017.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi II. Jakarta: Balai Pustaka, 1986.

Djamarah Syaiful Bahri, Pola Asuh Orang Tua Dan Komunikasi Dalam Keluarga, (Jakarta: Rineka Cipta, 2014), hal. 198-199

J. Dwi Narwoko, Dan Bagong Suyanto, Sosiologi Tes Pengantar dan Terapan, (Jakarta:Kencana, 2007), Cet Ke-3, 158-159

Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya, 1994.

Puput Syaiful Rohman. Penelitian Kualitatif, 2009.

Ramlah. Meretas Dakwah di Kota Palopo. Yogyakarta: Cv Budi Utama, 2019.

Sri Astutik, Rehabilitsi Sosial, http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20029, terakhir diakses 14 Agustus 2020

Syahraini Tambak, Metode Ceramah: Konsep Dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jurnal Tarbiyah, Vol. 21, No.2, Juli-Desember 2014

PlumX Metrics

Published
2021-12-02