STRATEGI COPING STRES PADA PETANI MELON PASCA GAGAL PANEN DI DESA MAGUWAN, KECAMATAN SAMBIT, KABUPATEN PONOROGO

  • Dinda Ainul Fitria
  • M. Irfan Riyadi
Abstract views: 409 , PDF downloads: 864

Abstract

Coping adalah perilaku yang terlihat dan tersembunyi yang dilakukan seseorang untuk mengurangi atau menghilangkan ketegangan psikologis dalam kondisi yang penuh stres seperti fenomena kegagalan panen yang terajadi di Desa Maguwan, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo, yang mengakibatkan petani mengalami kerugian sangat banyak dan mengalami stres ataupun trauma. Penelitian ini menjelaskan (1) Kondisi psikologis petani pasca gagal panen, (2) Bentuk penerapan strategi coping stres pada petani melon pasca gagal panen dan (3) Hasil penerapan strategi coping stres pada petani melon pasca gagal panen di Desa Maguwan Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kondisi psikologis petani melon pasca gagal panen mengalami kecemasan, trauma, depresi, kecewa dan pesimis. (2) Penerapan strategi coping stres untuk mengatasi kondisi psikologis petani pasca gagal panen sangat berdampak positif karena materi coping bertujuan untuk mengendalikan emosi dan mengelola stres dengan baik. (3) Bentuk  strategi coping yang diterapkan adalah strategi coping yang berfokus pada masalah (Problem Focused Coping) dan strategi coping yang berfokus pada emosi (Emotion Focused Coping).

References

Burhan Bungin. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2003.

Hasan. Pengantar Psikologi Islami. Jakarta: Grasindo, 2008.

Indriana, Yeniar dkk. Tingkat Stres Lansia di Panti Wredha Pucang Gading Seamarang. Jurnal Konseling. Vol 8 No2, Oktober 2010.

Irwanto & Hani Kumala. Memahami Trauma Dengan Perhatian Khusus Pada Masa Kanak-Kanak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2020.

Jayanti, Melani. “Nrima: Multidimensial Coping Strategi Masyarakat Jawa Menghadapi Krisis Gagal Panen”. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2015.

John Setiawan & Albi Anggito. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Tim CV Jejak, 2018.

Mariyam, Siti. “Stratgi Coping Teori dan Sumberdayanya”. Jurnal Konseling Andi Matappa. Vol 1 No.2, Agustus 2107.

Siyoto, Sandu dkk. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2020.

Sunaryo, Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokkteran EGC, 2004.

Surya. Bina Keluarga. Semarang: Aneka Ilmu, 2001.

PlumX Metrics

Published
2022-06-30
Section
Articles