PERAN IBU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN ANAK DI DUSUN SAMBIROBYONG DESA KLITIK

  • Ulfa Yuliatus Sholihah IAIN Ponorogo
Abstract views: 130 , PDF downloads: 108

Abstract

Suri tauladan merupakan kurikulum yang diamanahkan Allah swt kepada sosok manusia yaitu nabi Muhammad saw agar memberi contoh kepada umatnya.  Ibu merupakan penanggung jawab utama terhadap pendidikan baik mendidik akhlak maupun kepribadian mereka. Sebab ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anak mereka. Karena sifat-sifat ini bukan hanya dipengaruhi oleh lingkungan masyarakat saja akan tetapi sangat dominan dilingkungan rumah atau keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui peran ibu dalam membentuk kedisiplinan anak di Dusun Sambirobyong Klitik Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi. (2) Mengetahui cara ibu dalam membentuk karakter disiplin dalam pembentukan karakter anak di Dusun Sambirobyong Klitik Geneng Ngawi (3) Untuk mengetahui hasil pembentukan karakter disiplin yang ditanamkan oleh ibu dalam mendidik anak di Dusun Sambirobyong Desa Klitik Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang menghasilkan catatan lapangan mengenai peran ibu dalam membentuk karakter disiplin anak. Mengambil 10 sampel ibu yang sesuai dengan kriteria. Pemilihan sampel dilakukan dengan mempertimbangkan kualifikasi yang diinginkan penulis, yakni seorang ibu yang memiliki anak usia remaja awal. Data dianalisis dengan menggunakan metode Miles dan Huberman yang memungkinkan penarikan simpulan dan dicek keabsahannya menggunakan tehnik trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran ibu dalam membentuk karakter disiplin anak sangatlah penting yang mana pembentukan karakter anak harus dimulai sejak dini mungkin bahkan sejak dalam kandungan. Cara membentuk karakter adalah membiasakan anak melakukan hal-hal yang baik, memberikan contoh teladan yang baik dan menggunakan bahasa yang sopan ketika sedang berbicara dihadapan anak.

References

A’yuna, Qurotta. Konstribusi Peran Orangtua dan Guru Mata Pelajaran terhadap Pengembangan Kreativitas Siswa. (Jurnal Ilmiah Edukasi Vol. 01, No. 2, June 2015).

Annisa. Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. (Jurnal Pendidikan. Vol. 05, No. 01 2011)

Aziz, Faizal Obi. Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Pada Lingkunagn Keluarga (study Kasus Di Dusun Kukap Desa Poncosari Kecamatan Skrandakan) (IAIN Po 2017)

Huda, Khoirul. Strategi Orangtua dalam Mengembangkan Bakat dan Kreativitas di Era Pandemi COVID-19. (Jurnal Pendidikan Vol. 04, No. 02, 2020)

Hyoscyamina, Endah Doroty. Peran Keluarga dalam Mendidik Anak. (Jurnal Psikologi Vol. 02. Oktober 2011)

Herdiansyah, Haris. Wawancara, Observasi, dan Fokus Group. (Depok : PT. Rajagavindo, 2015)

Hadi, Sutrisno. Metodologi Reserch, (Jilid 2). (Yogjakarta : Andi Offset, 2004)

Hadi, Sutopo dan Andrianus Ariel. Terapi Mengomah Data Kulaitatif dengan Vivo. (Jakarta: Kencana, 2010)

Indrianti, Tia. Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Di Desa Kedatan Induk Kecamatan Batanghari Nuban Lampung Timur. (Skripsi Metro.IAIN Metro 2020)

PlumX Metrics

Published
2022-06-30
Section
Articles