KEBERHASILAN IBU SINGLE PARENT DALAM MENGATASI KENAKALAN ANAK AKIBAT PUTUS SEKOLAH DI DESA MADIGONDO KECAMATAN TAKERAN KABUPATEN MAGETAN

  • Imas Shofiani
Abstract views: 165 , PDF downloads: 206

Abstract

Fenomena single parent yang terdapat di Desa Madigondo, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan, mengharuskan seorang Ibu memiliki peran ganda yaitu selain mengurus dan membesarkan seorang anak, juga sebagai pencari nafkah, pendidik, dan pelindung. Ditambah lagi dengan keadaan anak yang mengetahui ketidakhadiran seorang ayah dan memasuki usia remaja. Penelitian ini menjelaskan (1) bentuk-bentuk kenakalan anak akibat putus sekolah yang diasuh oleh ibu single parent, (2) upaya ibu single parent dalam mengatasi kenakalan anak akibat putus sekolah, dan (3) bentuk keberhasilan ibu single parent dalam mengatasi kenakalan anak akibat putus sekolah di Desa Madigondo, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan. Dengan fokus tersebut, dapat ditemukan bentuk-bentuk kenakalan anak akibat putus sekolah, upaya Ibu single parent dan keberhasilannya dalam mengatasi kenakalan anak akibat putus sekolah di Desa Madigondo, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) bentuk-bentuk kenakalan anak akibat putus sekolah dapat dan tidak dapat digolongkan pada pelanggaran hukum, (2) usaha Ibu single parent dalam mengatasi kenakalan anak dikelompokkan menjadi pencegahan, pengentasan, pembetulan, dan penjagaan yang diterapkan di lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah, (3) bentuk keberhasilan Ibu single parent dalam mengatasi kenakalan anak akibat putus sekolah dapat dilihat dari perubahan perilaku untuk menjadi lebih baik.

References

Adawiah, Rabiatul. “Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak”. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Volume 7, Nomer 1, Mei 2017.

Ayun, Qurrotu. “Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak”. Jurnal Thufula Volume 5, Nomer 1, Januari-Juni 2017.

Erhansyah. “Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Masa Transisi”. Jurnal Tadrib Volume 4, Nomer 2, Guru SMP Negeri 1 Muarai Muntai, Desember 2018.

Hartanti, Ema. 2017. “Pola Asuh Orang Tua Single Parent dalam Perkembangan Kepribadian Anak Di Desa Jetis Kecamatan Selompang Kabupaten Temanggung”. Skripsi. IAIN Salatiga.

Hasanah, Uswatun. “Pengaruh Perceraian Orang Tua Bagi Psikologis Anak”. Jurnal Agenda, Volume 2, Nomor 1, IAIN Metro Lampung, 2019.

Jannah, Husnatul. “Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek Angkek”. Jurnal Pesona PAUD, Volume 1. Volume2, 2012.

Layliyah, Zahrotul. “Perjuangan Hidup Single Parent”. Jurnal Sosiologi Islam Volume 3, Nomer 1, IAIN Sunan Ampel Surabaya, April 2013.

Nurlatifah, Novia Nusti dkk. “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Pada Keluarga Tanpa Ayah”. EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 17, Nomor 1 Universitas Pendidikan Indonesia, 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi). Bandung: CV. Alfabeta, 2017.

_______, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2020.

Unayah Nunung, dan Muslim Sabarisman. “Fenomena Kenakalan Remaja dan Kriminalitas”. Jurnal Sosio Informa Volume 1, Nomer 2, Kementerian Republik Indonesia, Juni 2015.

PlumX Metrics

Published
2022-06-30
Section
Articles