PERUBAHAN PERILAKU REMAJA PENGGUNA GADGET DI DESA MAGUWAN PONOROGO

  • imam asroni
  • Kayyis Fithri Ajhuri
Abstract views: 348 , PDF downloads: 1438

Abstract

Gadget oleh remaja Desa Maguwan digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti hiburan, komunikasi dan pendidikan. Penggunaan gadget dengan berbagai macam fungsinya dapat memberikan dampak positif dan negatif terhadap perilaku. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui penggunaan gadget remaja Desa Maguwan Ponorogo 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan gadget oleh remaja Desa Maguwan Ponorogo 3) Untuk mengetahui apa saja dampak penggunaan gadget terhadap perilaku remaja di Desa Maguwan Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggambarkan perubahan perilaku remaja Desa Maguwan Ponorogo dikarenakan penggunaan gadget. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Penggunaan gadget Desa Maguwan untuk berbagai macam keperluan seperti belajar, online shop dan bermain game, 2) faktor yang mempengaruhi remaja Desa Maguwan Ponorogo menggunakan gadget adalah budaya, kelas social, dan kelompok. 3) Dampak positif dari penggunaan gadget oleh remaja Desa Maguwan adalah untuk wawasan bertambah lewat informasi yang di dapat dari gadget, belajar lebih mudah lewat online dengan aplikasi zoom metting. Sedangkan dampak negatif dari penggunaan gadget terhadap perilaku remaja Desa Maguwan, seperti sifat acuh terhadap lingkungan sekitar, lebih menyukai dunia sosial media.

References

Chotimah, Chusnul. Komunikasi Pendidikan. Tulungagung: IAIN Tulungagung Press, 2015.

Damanik, Fritz. SeribuPena Sosiologi. Jakarta: Gelora Aksara, 2006.

Husna, Puji Asmaul. Pengaruh Penggunaan Media Gadget pada Perkembangan Karakter Anak tulung agumg: jurnal, volume 17 2017.

Jonathan. Perancangan Board Game Mengenai Bahaya Radiasi Gadget Terhadap Anak. Surabaya: Universitas Kristen Pertra Surabaya, 2015.

Nadhila, Isna. Mempermudah Hidup Manusia Dengan Teknologi Modern. Jakarta: Penamadani, 2013.

Putra, Chandra Anugrah. Pemanfaatan Gadget sebagai Media Pembelajaran, jurnal, Volume 2, Nomor 2.

Tamburaka, Apriadi. Cerdas Bermedia Khalayak Media Masa. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.

https://kbbi.web.id/gadget diakses 13 Oktober 2020

PlumX Metrics

Published
2022-06-30
Section
Articles