Self Control Pada Remaja Pelaku Seks Pra NIkah Di Desa Gundik Ponorogo

  • Ajeng Ummy Fadhila IAIN Ponorogo
Abstract views: 29 , PDF downloads: 30

Abstract

Dalam perspektif Islam, seks pranikah dikenal sebagai zina. Ini berarti bahwa hubungan seksual antara seorang pria dan seorang wanita tidak tunduk pada pernikahan yang sah menurut hukum Islam. Namun seks pranikah di kalangan remaja sudah menjadi norma, bukan sesuatu yang baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya seks pranikah pada remaja, dan bentuk perubahan perilaku yang dikarenakan adanya pengendalian diri yang dilakukan oleh para remaja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan teknik validasi data. Dalam penelitian ini, diperoleh hasil bahwa faktor penyebab perilaku seks pra nikah yang dialami remaja disebabkan karena pengetahuan terhadap seks pra nikah yang dialami para remaja dan terdapat faktor keluarga dan faktor lingkungan sekitar. Adapun bentuk perubahan perilaku yang terjadi karena adanya kontrol diri pada pelaku seks pra nikah pada remaja ini menggunakan kontrol perilaku, kontrol kognitif serta pengambilan keputusan. Serta terdapat bentuk perubahan perilaku yang dialami remaja setelah melakukan hubungan seks pra nikah yakni berhenti melakukan seks pra nikah tersebut. kontrol kognitif serta pengambilan keputusan. Serta terdapat bentuk perubahan perilaku yang dialami remaja setelah melakukan hubungan seks pra nikah yakni berhenti melakukan seks pra nikah tersebut. kontrol kognitif serta pengambilan keputusan. Serta terdapat bentuk perubahan perilaku yang dialami remaja setelah melakukan hubungan seks pra nikah yakni berhenti melakukan seks pra nikah tersebut.

 

Kata kunci: Self Control, Remaja, Seks Pra Nikah

References

Amir B Marvasti, Qualitative Research in Sociology, (London: Sage Publications, 2004)

Aprilia Kristina Dewi, Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Seksual Pranikah pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang, (Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia: Developmental and Clinical Psychology, 2014) Vol. 3, No. 1.

Averill, J. F., Personal Control Over Averssive Stimuli and It’s Relationship to Stress, Psychological Buletin, No. 80. 1973

Daryanto, Tiffany, Hubungan antara Religius dengan Perilaku Seks Pranikah pada Mahasiswa Indekost di Malang, Hubungan antara Religius dengan Perilaku Seks Pranikah pada Mahasiswa Indekost di Malang, (Malang: Universitas Negeri Malang, 2009)

Irwan, Etika dan Perilaku Kesehatan, (Yogyakarta: CV Absolute Media, 2017)

J. P. Chaplin, Kamus Lengkap Psikologi, Terj. Kartini Kartono, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006)

M. Nur Ghufron & Rini Risnawati, Teori-Teori Psikologi, (Yogyakarta: Ar-uzz Media, 2011)

Mahdalela, Pengembangan Sumber Daya Manusia, (Yogyakarta: Psikosain, 2017)

Pakpahan, M., Siregar, D., Susilawaty, A., Mustar, T., Ramdany, R., Manurung, E. I., Maisyarah, Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan, (Jakarta: Yayasan Kita Menulis, 2021)

Pieter, H. Z., & Lubis, N. L, Pengantar Psikologi dalam Keperawatan, (Jakarta: Kencana, 2017)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R D, (Bandung: Alfabeta, 2016)

Travis Hirschi, Michael R. Gottfredson, The Generality Of Deviance, (America: The united of America, 1993)

Zaki, A.A, The Merriage Concept in Al Qur'an (Thematic Translation Studies) Konsep Pra-Nikah dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Tematik ), (Jurnal Bimas Islam, 2017)

PlumX Metrics

Published
2023-12-31