Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Successful Aging Pada Lansia Di Desa Malingmati Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro

  • Neli Mirnawati IAIN Ponorogo
  • Ahmad Faruk IAIN Ponorogo
Abstract views: 39 , PDF downloads: 42

Abstract

Dukungan sosial dan Successful Aging. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dukungan sosial dengan successful aging pada lansia di Desa Malingmati Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro. Dengan sampel sebanyak 53 lansia. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis korelasional. Selain itu menggunakan analisis kuantitatif. Dari penelitian ini penulis menarik kesimpulan bahwa dari data yang di peroleh mendapatkan koefisien korelasi sebesar  berarti data tersebut menunjukan bahwa rendahnya hubungan antara dukungan sosial dengan successful aging pada lansia di Desa Malingmati Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro dan kemudian uji hipotesis thitung dengan ttable menghasilkan thitung > ttabel yaitu > 0, 312. dengan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan successful aging pada lansia di Desa Malingmati Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro.

Kata kunci : dukungan sosial; successful aging; lansia.

References

Girsang, Andry Poltak L. 2022. Statistik Penduduk Lanjut Usia Tahun 2022. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Marliani, Rosleny. 2015. Psikologi Perkembangan. Bandung: Cv. Pustaka Setia.

Pengantar). Cet. 3. Bandung: Alfabeta.

Santoso, May Dwi Y. 2019. “Dukungan Sosial Meningkatkan Kualitas Hidup Lansia : Review Article". Jurnal Kesehatan Mesencephalon .

Santoso, Singgih. 2010. Statistik Multivariat Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sarafino, Edward P. 2014. Health Psychology: Biopsychosocial Interactions, Usa:Library Of Congress Cataloging-In-Publication Data.

Suardiman, S. 2011. Psikologi Usia Lanjut. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Taniredja, Tukiran, and hidayati Mustafidah. 2014. Penelitian Kuantitatif (Sebuah

Pengantar)”. Bandung: Alfabeta.

PlumX Metrics

Published
2023-12-31