POLA PEMBELAJARAN MAHASISWA DIFABEL NETRA DALAM MENEMPUH PENDIDIKAN DI KELAS INKLUSI

  • Irmayanti Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nurus Sa'adah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Abstract views: 110 , PDF downloads: 78
PDF downloads: 155

Abstract

Kelas inklusi menyajikan peluang terbaik bagi mahasiswa difabel untuk mengakses pendidikan tanpa hambatan. Dalam lingkungan inklusi, mereka dapat mengikuti proses pendidikan bersama teman-teman non-difabel, menciptakan kesempatan untuk integrasi. Konsep kelas inklusi mencerminkan perubahan dalam budaya manusia yang mengakui bahwa setiap individu memiliki hak dan peluang yang sama dalam mendapatkan pendidikan. Penelitian ini dilakukan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, melibatkan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pola pembelajaran yang diterapkan di kelas inklusi serta bagaimana mahasiswa difabel netra belajar di rumah untuk mendukung proses pendidikan tinggi mereka. Temuan penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa difabel netra di kelas inklusi UIN Sunan Kalijaga mengadopsi pola pembelajaran yang adaptif di kelas dan di rumah.

PlumX Metrics

Published
2024-06-30