RESPON LINGKUNGAN TERHADAP ANAK SPEECH DELAY DI TK DHARMA WANITA NAILAN
Abstract
Lingkungan keluarga sangat berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan bicara anak. Apabila anak tidak diberikan stimulus yang mencukupi dan lingkungan yang mendukung, maka akan berdampak pada kemampuan berbicara yang dimiliki anak. Anak keterlambatan berbicara apabila perkembangan berbicara anak tidak sama dan tidak memenuhi tugas dari perkembangan bicara pada usianya tersebut, maka anak dapat dikatakan mengalami (speech delay). Terdapat tiga tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan keterlambatan bicara anak, mengetahui faktor yang menyebabkan speech delay dan mengetahui upaya orang tua serta guru dalam menangani anak speech delay. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dari wawancara, observasi maupun dokumentasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa speech delay pada anak di TK Dharma Wanita Nailan meliputi, pertama, anak membutuhkan dorongan lingkungan dan orangtua untuk melatih bicara sehingga dapat meminimalisir terhambatnya bicara anak. Namun berasarkan penelitian ini orangtua anak kurang mengerti dalam memberikan rangsangan untuk melatih anak saat mulai berbicara. Kedua, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab speech delay. Ketiga, ada beberapa upaya yang harus dilakukan orang tua dan guru untuk meningkatkan kemampuan bicara anak.