DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR REMAJA DI DESA BANJARSARI KULON MADIUN
Abstract
Penggunaan media sosial bagi remaja di Desa Banjarsari Kulon Madiun yang tinggi menyebabkan mereka mengalami penurunan prestasi belajar. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil ujian semester mengalami penurunan yang di bawah rata-rata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Jenis penelitiannya adalah penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara, yang melibatkan empat remaja perempuan, usia 16-18 tahun danĀ pendidikan ada di Madrasah Aliyah Negeri 2 untuk tiga remaja S2, M dan A dan SMK 3 Kimia untuk remaja S1. Teknik pengolahan data pada penelitian ini dilakukan setelah data terkumpul atau kegiatan pengumpulan di lapangan dinyatakan selesai. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan temuan , dalam penelitian ini menggunakan metode perpanjangan waktu penelitian. Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa remaja pengguna media sosial mengalami kesulitan untuk lepas dari media sosial, malas- malasan serta menurunkan motivasi belajar. Bagi pecandu akan berpengaruh terhadap kehidupan pribadinya seperti: di sekolah mendapat tugas dari guru tidak langsung dikerjakan, mengganggu konsentrasi belajar saat di sekolah dan lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk bermain dengan media sosial