EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI PROKASTINASI AKADEMIK SISWA
Abstract
Prokastinasi akademik atau penundaan terkait pekerjaan selama proses pembelajaran adalah masalah yang dihadapi dalam penelitian ini. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana siswa kelas 9 SMP Negeri 8 Madiun memperoleh manfaat dari sesi konseling kelompok yang mencakup strategi self management untuk mengurangi prokastinasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen model pre eksperimental design dengan rancangan one grup pretest-posttest design. Sebanyak 31 siswa kelas 9 SMP Negeri 8 Madiun merupakan populasi penelitian. Dengan menggunakan metode purposive sampling, 8 siswa kelas 9 SMP Negeri 8 Madiun dijadikan sampel untuk penelitian ini. Kuisioner adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan rumus paired sample test.. Data penelitian menunjukkan bahwa treatment konseling kelompok dengan teknik self management memiliki hasil yang positif, dengan peningkatan rata-rata dari 103 pada pretest menjadi 61 pada hasil rata-rata posttest. Menurut temuan uji paired sample test, nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000, yaitu kurang dari 0,05. Dapat disimpulkan “konseling kelompok dengan teknik self management efektif untuk mereduksi prokastinasi akademik siswa kelas 9 SMP Negeri 8 Madiun”
Kata kunci: Konseling Kelompok, Teknik Self Management, Prokastinasi Akademik, Siswa