EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK PSIKODRAMA DALAM UPAYA MENUMBUHKAN EFIKASI DIRI SISWA

Authors

  • Alya Kaffa Izzaty Universitas PGRI Madiun

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bimbingan kelompok dengan metode
psikodrama terhadap peningkatan efikasi diri siswa kelas VII SMP Negeri 8 Madiun. Penelitian
ini menggunakan metodologi eksperimental secara kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 120 siswa, 12 siswa di kelompok eksperimen dan 12 siswa di kelompok kontrol.
Lembar observasi dan kuesioner digunakan sebagai alat penelitian. Kuesioner pretest-postest
digunakan untuk mendapatkan informasi tentang efikasi diri. Hasil uji-t Sampel Independen
menunjukkan perlunya pengujian hipotesis, dan uji penguatan digunakan untuk mengukur
efikasi layanan. Temuan penelitian, yang mencakup uji hipotesis dengan nilai Sig (2-tailed)
pada nilai asumsi varians yang sama sebesar 0,000 dan ambang signifikansi sebesar 0,05 (α =
5%), menunjukkan keberhasilan supervisi kelompok menggunakan teknik psikodrama dalam
meningkatkan efikasi diri siswa. Hasil uji gain efikasi diri menghasilkan persentase n-gain
sebesar 77,5% dengan kategori efektif dan nilai n-gain sebesar 0,7750 dengan kategori tinggi.
Dengan demikian, temuan menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan psikodrama dalam
bimbingan kelompok dapat secara efektif meningkatkan rasa efikasi diri siswa.
Kata kunci: Efikasi Diri, Psikodrama, dan Bimbingan Kelompok

Downloads

Published

2024-12-31