EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODARMA UNTUK MEREDUKSI PERILAKU CYBERBULLYING SISWA SMP
Abstract
Peran kemajuan teknologi pada masa sekarang umumnya diharapkan dapat digunakan dengan bijak sesuai dengan fungsinya. Kecenderungan siswa dalam mengakses internet maupun media sosial tanpa disadari memunculkan beberapa permasalahan, salah satunya yang ditemukan peneliti mengenai perilaku cyberbullying. Cyberbullying adalah tindakan agresif dan memiliki tujuan dimana dilakukan oleh suatu kelompok atau individu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mengatasi perilaku cyberbullying di sosial media pada siswa di SMP Negeri 8 Madiun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yakni menggunaan siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Madiun, dengan jumlah sampel sebanyak 7 siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Madiun. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan uji Wilcoxon. Hasil Uji Wilcoxon Non-Parametrik Test menunjukan bahwa hasil peningkatan pada pre-test dan post-test pada peserta didik dengan hasil singnifikansi menunjukan 0,018 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif terhadap menggurangi perilaku cyberbullying pada siswa.