EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF-INSTRUCTIONAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX

Authors

  • Bramantia Nur Aji Pamungkas Universitas PGRI Madiun
  • Juni Purnamasari

Abstract

Belajar merupakan sebuah tanggungjawab, dan kewajiban sebagai seorang siswa. Selain itu, dengan belajar siswa akan mampu meningkatkan prestasi akademiknya di sekolah. Ketika siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi, siswa akan lebih termotivasi memahami informasi, dan memperdalam pemahaman, serta menyelesaikan tugas-tugas dengan lebih baik. Namun pada kenyataannya, masih terdapat siswa yang kurang berminat untuk memiliki kemauan dalam belajar atau rendahnya motivasi belajar siswa. Secara umum penelitian ini untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok teknik self-instructional dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX SMPN 8 Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen desain one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah sebesar 143 siswa, dan sampel sejumlah 8 siswa. Peneliti menentukkan jumlah sampel penelitian dengan menggunakan telknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian dihitung menggunakan bantuan SPSS versi 26 dengan analisis deskriptif, Uji Normalitas, dan Uji hipotesis menggunakan paired sample t-test. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, data yang telah dianalisis maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis konseling kelompok teknik self-instructional dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX SMPN 8 Madiun diterima.

Downloads

Published

2024-12-31