HISTORISITAS DAN TUJUAN ATURAN MAHAR DALAM PERUNDANG-UNDANGAN KELUARGA ISLAM INDONESIA DAN NEGARA-NEGARA MUSLIM

  • ALI SYAHPUTRA
Abstract views: 53 , PDF downloads: 66
Keywords: historisitas, mahar, keluarga Islam

Abstract

Abstrak: Tulisan ini mengkaji secara historis aturan mahar dalam perundang-undangan keluarga Islam di Indonesia. Penentuan mahar di berbagai negara merupakan hasil ijtihad dengan mempertimbangkan kesepakatan bersama. Dalam Kompilasi Hukum Islam mahar merupakan kewajiban calon mempelai pria yang akan diberikan kepada calom mempelai wanita, jenis dan besarannya ditentukan atas kesepakatan kedua belah pihak. Penulisan artikel ini untuk mengetahui implementasi mahar di Indonesia sebagai salah satu negara dengan mayoritas muslim dan konsep mahar diberbagai negara muslim laninnya.

References

Ahmatnijar, “Mahar Dalam Perkawinan (Kajian Singkat Berdasarkan Pragmatisme Hukum Islam),” Yurisprudentia: Jurnal Hukum Ekonomi, Vol. 6:1, 2020.

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indoneia, Jakarta: Balai Pustaka 2002

Abdurrahman, Kompilasi Hukum Ilsam di Indonesia (Jakarta: Akademi Presindo, 1992).

Al-Zuhaili, Wahbah. Fiqh Islam wa Adillatuhu (Damaskus: Dar al-Fikr, 1985), cet. 2, Jilid 7, Lihat Wahbah al-Zuhaili, Mausu’ah al-Fiqh wa al-Qadaya al-Mu’asiroh (Beirut: Dar al-Fikr, 2013).

Al Farisi, Salman. “Ketentuan Mahar di Negara Muslim (Analisis Komparatif Hukum Keluarga di Maroko dan Kuwait),” Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2021).

Apriyanti, “Historiografi Mahar dalam Pernikahan,” An-Nisa’a: Jurnal Kajian Gender dan Anak, Vol. 12:2 (Desember 2017).

Zulaikha, Siti. “Permintaan Mahar Perkawinan dan Stigmatisasi Negatif Terhadap Pereempuan,” Istinbath: Jurnal Hukum, Vol. 17:1 (Juni 2020).

Mochammad Tholib Khoiril Waro, “Makna Mahar Dalam Al-Qur’an (Kajian Historis-Antropologis),” Jurnal At-Tibyan, Vol. 4:1 (Juni 2019).

https://adala.justice.gov.ma/production/legislation/ar/Nouveautes/مدونة الأسرة.pdf

Karimullah, Suud Sarim. “Pembaruan Hukum Keluarga di Yordania Dalam Tinjauan Maqashid al-Syari’ah,” Jurnal Al-Ilm: STIS HASYRI Lombok Tengah, Vol. 3:1 (2021).

Barkah, Qadariah. “Kedudukan dan Jumlah Mahar di Negara Muslim,” Jurnal Ahkam, Vol. 14:2 (Juli 2014).

Ash Shabah, Musyaffa Amin. “Implementasi Pemberian Mahar Dalam Perkawinan Masyarakat Aceh-Indonesia Dan Selangor-Malaysia,” Tesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2019).

Warta Kerajaan Selangor, Enakmen Undang-Undang Keluarga Islam (Negeri Selangor) 2003, (Selangor: 28 April 2003, hlm, 170; Pentadbiran Agama Islam (Negeri Selangor) 2003, Fatwa di bawah Seksyen 47, (Selangor: Februari 2010).

PlumX Metrics

Published
2024-01-09
Section
Articles