Pengaruh Penerapan Model Experiential Learning Terhadap Keaktifan Mahasiswa PG PAUD Universitas Panca Sakti Bekasi

Fitria Utami(1*), Delina Kasih(2)

(1) Universitas Panca Sakti Bekasi
(2) Universitas Panca Sakti Bekasi
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam proses pembelajaran, sebagian besar siswa merupakan pendidik PAUD yang tidak terlibat aktif. Terutama untuk mengungkapkan dan mengungkapkan. Tujuan penelitian ini adalah 1.) untuk melihat keaktifan siswa PG PAUD di Panca Sakti Bekasi antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran eksperiensial pada mata pelajaran Matematika dan IPA. 2.) untuk melihat pengaruh model pembelajaran berdasarkan keaktifan mahasiswa PG PAUD pada mata kuliah Matematika dan IPA di Universitas Panca Sakti Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen one group pretest-posttest design. Dengan simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji ANOVA satu arah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. ) terdapat perbedaan keaktifan siswa PG PAUD pada mata pelajaran matematika dan IPA sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran experiential learning. 2.) Ada pengaruh positif antara penggunaan model experiential learning terhadap keaktifan siswa PG PAUD pada mata pelajaran matematika dan IPA.


Keywords


Experiential Learning; PG-PAUD;PAUD;Matematika dan Sains

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21154/wisdom.v1i2.2219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

__________________________________________________________

Diterbitkan oleh:

Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo

Jalan Pramuka No. 156, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
Po. Box. 116 Kodepos 63471
email: wisdom@iainponorogo.ac.id