Perkembangan Kognitif, Fisik, Dan Emosi Sosial Pada Masa Prenatal

  • Nurul Maziyatul Hasanah UIN sunan kalijaga
  • Dewi Fahmi A UIN sunan kalijaga
  • Avita Febri H UIN Sunan Kalijaga
Abstract views: 5644 , PDF downloads: 22812
Keywords: prenatal, cognitive, physical, social, emotions

Abstract

Pendidikan anak dalam kandungan sangat penting karena pada saat itu anak mengalami perkembangan dan pertumbuhan awal yang baru. Selama di dalam kandungan, ibu merupakan orang terpenting dalam kecerdasan anak melalui pendidikan yang diberikan. Kondisi kesehatan ibu juga sangat mempengaruhi kondisi bayi. Banyak kondisi anak setelah lahir mengalami gangguan kesehatan karena pada saat anak dalam kandungan, ibu dan orang di sekitar anak mengabaikan kondisi kesehatan ibu dan kandungannya serta tidak memberikan pendidikan kepada anak di dalam kandungan. Upaya orang-orang di sekitar calon bayi sangat berpengaruh dan penting. Sehingga pendidikan prenatal atau pendidikan di dalam kandungan yang perlu dilakukan oleh keluarga dan orang disekitarnya.

References

Desmita. 2005. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hurlock, Elizabeth B .1991. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima, terjemahan Development Psychology A Live-Span Approach, Fifth Edition oleh Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Mansur. 2009. Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan Kado Buat Pengantin Baru, Calon Ibu dan Ibu Hamil. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Marliani, Rosleny. 2015. Psikologi Perkembangan. Bandung: Cv Pustaka Setia.

Pamilu, Anik. 2007. Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan (Pandangan Lengkap Cara Mendidik Anak Untuk Orang tua). Yogyakarta: Citra Media.

Pieter, Herri Zan dan Namora Lumongga Lubis. 2016. Pengantar Psikologi untuk Kebidanan Edisi Revisi.Jakarta: Prenadamedia Group.

Riksani, Ria. 2013. Dari Rahim Hingga Besar Mendidik Buah Hati Menuju Ridha Ilahi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Rochmah, Elfi Yuliani . 2005. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Teras.

Soenarwo, Briliantono M. 2012. 360 Pekan Masa Keemasan Anak; Sekali Seumur Hidup. Jakarta: Halimun Medikal Centre dan Al-Mawardi Prima.

PlumX Metrics

Published
2020-12-20
Section
Articles