Penggunaan Media Jarimatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini

Nur Laela(1*)

(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemberian perhatian lebih pada anak usia dini merupakan salah satu bentuk perhatian, termasuk memberikan pendidikan baik secara langsung maupun melalui lembaga pendidikan anak usia dini. Setiap anak memiliki aspek perkembangan yang berbeda-beda, beberapa aspek yang harus dicapai antara nilai-nilai agama dan moral, keterampilan motorik fisik, kognitif, sosial emosional, bahasa dan seni, aspek perkembangan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah aspek kognitif . pengembangan. Efektivitas hasil selanjutnya dalam penggunaan alat edukasi Jarimatika telah diterapkan dengan baik sesuai pengamatan langsung dan dapat dikatakan “terlaksana”. Hasil penggunaan alat bermain edukasi Jarimatika untuk meningkatkan keterampilan berhitung anak usia dini diperoleh selama penelitian,


Keywords


educational game tools, jarimatika, numeracy

Full Text:

PDF

References


Depdiknas 2007. Pedoman Permainan Berhitung Permulaan di Taman KanakKanak. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Hikmah, Q., Lathif, M. A., & Khutobah, K. (2016). Peningkatan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelompok B Melalui Permainan Kartu Angka di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi UNEJ, 3(2), 39–42. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3528.

Jannah, H. (2012). Bentuk Pola Asuh Orang Tua dalam Menanamkan Perilaku Moral pada Anak Usia di Kecamatan Ampek. Pesona PAUD, 1(1), 257–258.

Juita, R. (2018). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Menakar Air di TK Aisyiyah Koto Kaciak Maninjau. Jurnal Pesona PAUD, 01(1).

Joni. (2016). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Berhitung dengan Permainan Dadu TK Mutiara Pekanbaru. Jurnal PAUD Tambusai, 2(1), 1–10.

Masitoh, dkk. (2005). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

M. Fadlillah. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan-Permainan Edukatif. Jurnal Edukasi Umpo. http://eprints.umpo.ac.id/2019/2/prosiding%20semnas%20ppkn.pdf

Montolalu, B. E.F, dkk. (2011). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nasution, T. K., & Surya, E. (2015). Penerapan Teknik Jarimatika dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Bilangan. Edumatica, 05(02), 49–58.

Saifuddin Azwar. (2009). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyaningsih, N. (2018). Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika dengan Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 2(1), 57–63.




DOI: https://doi.org/10.21154/wisdom.v1i2.2372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

   


___________________________________________________________

Diterbitkan oleh:

Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo

Jalan Pramuka No. 156, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
Po. Box. 116 Kodepos 63471
email: wisdom@iainponorogo.ac.id