Bimbingan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini

  • Sani Peradila UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Chodijah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Abstract views: 815 , PDF downloads: 2442
Keywords: Religious guidance, spiritual intelligence, early childhood

Abstract

T Tujuan Penelitian Penyanyi Adalah untuk review Melihat hal penerapan Bimbingan agama Islam hearts mengembangkan Kecerdasan spiritual Anak Usia Dini, melakukan Pembinaan Terhadap Metode penerapan Bimbingan agama hearts mengembangkan Kecerdasan spiritual Anak Usia Dini, Dan Media Melihat hal Yang digunakan hearts penerapan Bimbingan agama hearts mengembangkan Kecerdasan dini Usia Anak spiritual . . Ibu Asuh Taman Kanak-kanak Nanda. Penelitian yang berawal dari permasalahan yang berkaitan dengan permasalahan anak yang mengalami permasalahan saat ini, seperti anak yang hamil di luar nikah, perkelahian, anak yang membunuh orang orang tuanya.Metode yang digunakan di Taman Kanak-kanak Bunda Asuh Nanda adalah metode langsung dengan kebiasaan menanamkan Bimbingan Agama Islam pada anak setiap hari yang diharapkan berdampak positif bagi anak di masa depan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung dan wawancara dengan informan yaitu Kepala Taman Kanak-kanak Bunda Asuh Nanda. Hasil penelitian yang penulis lakukan pelaksanaan pembinaan agama cukup signifikan, hasil pembinaan beragama menunjukkan arah yang positif. Guru yang membangun kecerdasan dalam pembinaan wajib memberikan pembinaan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak.Materi yang disampaikan bersumber dari Al-Qur'an dan Al-Hadits Hasil penelitian yang penulis lakukan yaitu pelaksanaan pembinaan agama cukup signifikan, hasil pembinaan beragama menunjukkan arah yang positif. Guru yang membangun kecerdasan dalam pembinaan wajib memberikan pembinaan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak. Materi yang disampaikan bersumber dari Al-Qur'an dan Al-Hadits Hasil penelitian yang penulis lakukan yaitu pelaksanaan pembinaan agama cukup signifikan, hasil pembinaan beragama menunjukkan arah yang positif. Guru yang membangun kecerdasan dalam pembinaan wajib memberikan pembinaan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak. Materi yang disampaikan bersumber dari Al-Qur'an dan Al-Hadits

References

Ginanjar, Ary Agustian. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi Dan Spiritual Berdasrkan 6 Rukun Iman Dan 5 Rukun Islam. Jakarta : Arga.

Al-Qur’an dan Terjemahnya Al-Hikmah, 2008. Bandung : CV. Penerbit Dipenogoro.

Faqih, Ainur Rahim. 2002. Bimbingan dan Konseling Dalam Islam. Yogyakarta : VII Press.

Hady. 1986. Pengantar Filsapat Agama. Jakarta : Rajawali Press.

Hadziq, Abdullah. 2005. Rekonsiliasi Psikologi Sufistik Dan Humanistic. Semarang : Rasail.

Hamzah Uno. 2008. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Jalaludin Rahmat. 2008. SQ For Kids: Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Sejak Dini. Jakarta.

Mubarok Ahmad. 2000. Konseling Agama Teori Dan Kasus : PT Bin arena pariwara.

Notosrijoedono R.A. Anggraeni.2013.”Peran Keluarga Muslim Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini”. Vol. Xxxvii No. 1 Januari-Juni 2013.

Muslimin Nur.2016.” Pendidikan Agama Islam Berbasis Iq, Eq, Sq Dan Cq”. Vol. 1 No. 2 Desember 255-273 2016.

Zohar, Danar & Marshal Ian. 2007. Kecerdasan Spiritual. Bandung : PT Mizan

PlumX Metrics

Published
2020-12-20
Section
Articles