Pengenalan Permainan Warna Melalui Konsep Senyawa Polar dan Non Polar

Fikri Nazarullail(1*), Dwi Bagus Rendy(2)

(1) Universitas Trunojoyo Madura
(2) Universitas Trunojoyo Madura
(*) Corresponding Author

Abstract


Introduction to Color Games Through the Concept of Polar and Non Polar Compounds. This research was conducted to provide a new learning experience by adapting the concept of color recognition combined with simple science (polar and non polar). This study uses quantitative research approach with one-shot case study type. The results of a simple experimental process conducted in the learning process get positive data that is 88% or 15 children get a very good score and 12% or 2 children get a good score. Based on these results, similar activities can be carried out to introduce children to the concept of mixing colors adapting simple science in learning activities.


Keywords


permainan warna; pencampuran warna; polar dan non polar

Full Text:

PDF

References


Amalia, Khairani. 2018. Meningkatkan Kemampuan Sains Mengenal Benda Cair Melalui Metode Eksperimen. Jurnal Ilmiah Potensia. Vol. 3 No. 2. https://ejournal.unib.ac.id/.

Budiartati, Emmy. 2008. Pembelajaran Melalui Bermain Berbasis Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini. Jurnal Lembaran Ilmu Pendidikan. Jilid 38 No 2. https://journal.unnes.ac.id/

Daryamti, Purwanti Suci Muji. Fitriani, & Fadhilah, R. 2018. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) pada Sub Materi Sifat Senyawa Ion dan Kovalen untuk Kelas X Farmasi SMK Panca Bhakti Sungai Raya. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6(1), 98–108. doi: http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/ar-r/article/download/947/736.

Hidayati, Sri. 2020. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Kegiatan Mencampur Warna Di Tk Kehidupan Elfhaluy Tenggarong. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 4. No 1. https://jurnal.umj.ac.id/.

Hurlock, Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Husnaini, Nani. 2019. Kegiatan Mewarnai Sebagai Stimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Volume 3 No. 2. http://jurnal.radenfatah.ac.id/.

Kertamuda, Miftahun Achyar. 2015. Golden Age: Strategi Sukses Membentuk Karakter Emas Pada Anak Sejak Usia Dini. Jakarta: PT Gramedia.

Nazarullail, Fikri. 2019. permainan Tradisional (Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Anak Usia Dini). Surabaya: Pondok Pesantren (Ponpes) Jagad 'Alimussirry.

Pertiwi, Binar. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berorientasi Problem Based Learning pada Materi Senyawa Kovalen Polar dan Nonpolar untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Unesa Journal of Chemical Education: Vol. 5, No. 2, pp. 182-190.

Riduan. 2009. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sachary, Agus. 2004. Seni Rupa Dan Desain SMA Jilid 1. Bandung: Gelora Aksara Pratama.

Silalahi, Aamin. 2003. Metodologi Penelitian dan Studi Kasus. Jakarta: Citramedia.

Sujiono, Yuliani Nuraini. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Susanto, Ahmad. 2014. perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Witri, Esa. 2018. Pengembangan Virtual Lab Berbasis Model Inquiry Learning pada Materi Senyawa Kovalen Polar dan Nonpolar untuk SMA. FKIP: Universitas Jambi.




DOI: https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i1.2845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

__________________________________________________________

Diterbitkan oleh:

Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo

Jalan Pramuka No. 156, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
Po. Box. 116 Kodepos 63471
email: wisdom@iainponorogo.ac.id