Pemanfaat Ape Wire Game Sebagai Alat Bantu Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini

Sinta Purnawati(1*), Fajar Luqman Tri Ariyanto(2), Fikri Nazarullail(3)

(1) Universitas Trunojoyo Madura
(2) Universitas Trunojoyo Madura
(3) Universitas Trunojoyo Madura
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini merupakan penelitian sekunder yang menggunakan data yang sebelumnya telah dikumpulkan oleh orang lain sehingga peneliti tinggal mengambil secara ilmiah melalui data hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah. Dari temuan jurnal yang dilakukan didapatkan bahwa manfaat alat permainan edukatif wire game membawa manfaat dalam menstimulasi kemampuan konsentrasi anak, kedua ditemuan bahwasannya media wire game dalam menstimulasi kemampuan anak dalam memahami bentuk geomtri secara sederhana. Besar harapan artikel ini dalam menjadi pemicu peneliti dalam menguji manfaat meida wire game dalam aspek perkembangan lainnya


Keywords


wire game, child development, APE

Full Text:

PDF

References


Arifudin, O., Setiawati, E., Chasanah, D. N., Jalal, N. M., Ma’arif, M., Suwenti, R., Yenni, Y., Puspitasari, D., Aprina, A., & Rahmawati, H. K. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.

Ariyanto, F. L., & Yuniar, D. P. (2020). Pemanfaat Limbah Tongkol Jagung Sebagai Media pembelajaran Anak Usia Dini di Madura. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 44–52.

Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia.

George, M. W. (2008). The elements of library research. Princeton University Press.

Guslinda, S. P., & Kurnia, R. (2018). Media pembelajaran anak usia dini. Jakad Media Publishing.

Kamil, N. (2019). EFEKTIVITAS MEDIA WIRE GAME DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK DI TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN TANAH DATAR.

Kusuma, T. C., & Listiana, H. (2021). Pengembangan Pembuatan APE bagi Anak Usia Dini. Prenada Media.

Pujiati, N., & Widajati, W. (2014). Pengaruh Three Colour Wire Game Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Kelompok A Di Tk Islam Plus Al-Muchlisin. PAUD Teratai, 3(3).

Rahmadona, S. (2012). Pembelajaran Untuk Paud. Diakses Dari Http://Staff. Uny. Ac. Id/Sites/Default/Files/Lain-Lain/Sisca-RahmadonnaSpdMpd/Pembelajaran% 20untuk% 20paud. Pdf.

Rizqiyyatunnisa, R., & Mahdi, N. I. (2021). PENYELENGGARAAN PAUD FORMAL, NON FORMAL DAN INFORMAL DI KB TK IK KELUARGA CERIA. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(1), 54–78.

Rozalena, R., & Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan pembelajaran paud dalam mengembangkan potensi anak usia dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 76–86.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96.

Zed, M. (2004). Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Ziana, E. (2018). MELATIH KONSENTRASI MELALUI PERMAINAN WIRE GAME PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Talenta: Journal of Early Childhood Education, 9(2), 88–105.




DOI: https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i1.3755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

   


___________________________________________________________

Diterbitkan oleh:

Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo

Jalan Pramuka No. 156, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
Po. Box. 116 Kodepos 63471
email: wisdom@iainponorogo.ac.id