Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter di Persekolahan
Abstract
References
Annisa, N., Hasibuan, P. H., & Siregar, E. F. S. (2020). Menyanyikan Lagu Indonesia Raya sebagai bentuk Impelementasi Penguatan Pendidikan Karakter di SDS Asuhan Jaya Kota Medan. Jurnal Benderang, 1(1), 1-5.
BSNP. (2010). Laporan BSNP Tahun 2010. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Cahyono, H. (2015). Pola Pengembangan Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 5-12.
Dewi, R. R., Suresman, E., & Mustikasari, L. (2020). Implementasi Kebijakan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Jurnal Edueksos (The journal of social and economics education), IX(1), 1-15.
Dianti, P. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa. JPIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial), 23(1), 58-68.
Dhiu, K. D.,& Bate, N. 2017. Pentingnya Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi: Kajian Teoritis Praktis: 2nd Annual Proceesding STKIP Citra Bakti Bajawa NTT, 172-176.
Hamalik, O. (2009). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hanum, A., & Meilinda, A. (2019). Studi Karakterisasi Bersahabat/Komunikatif Pada Siswa SMPN 18 Kota Jambi. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(2), 147-151.
Haryanto, R. (2019). Tranformasi Pendidikan Abad 21 Melalui Rumah Belajar. [Online]. Tersedia di http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2019/07/tranformasi-pendidikan-abad-21-melalui-rumah-belajar/. Diakses pada 30 Mei 2020.
Hidayah, Y., Ulfah, N., & Suyitno. (2019). Pendekatan Pembelajaran Mata Kuliah Wajib Umum Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(1), 22-33.
Julaiha, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter DalamPembelajaran. Dinamika Ilmu, 14(2), 226-238.
Juliardi, B. (2015). Implementasi Pendidikan KarakterMelalui Pendidikan Kewarganegaraan. JURNAL BHINNEKA TUNGGAL IKA, 2(2), 119-126.
Karimah, M. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Salafiyah Ibtidaiyah. IJCETS (Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies), 3(1), 49-55.
Kemendikbud. (2016). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniawan, M. I. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter ke dalam Pembelajaran Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, Jilid 1, No. 1, 37-45.
Lickona, T. (2012). Character Matters. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Llano, S. M. (2017). The counterfeit presentment: an early 20th century model of intercollegiate debate as civic education. Argumentation and Advocacy, 53(2), 90-102.
http://dx.doi.org/10.1080/00028533.2017.1304983.
Listyarti, R. (2012). Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, & Kreatif. Jakarta: Esensi.
Lydiasari, P. (2018). Sistem Pendidikan di Indonesia Belum Siap Hadapi Abad 21.[Online].Tersedia di https://www.suaramerdeka.com/news/baca/128753/sistem-pendidikan-di-indonesia-belum-siap-hadapi-abad-21. Diakses pada 30 Mei 2020.
Mansir, F. (2017). Model Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi Islam. (Disertasi). SPS UIN Syarief Hidayatullah Jakarta.
Moleong, L., J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Nastiti, D. (2017). Implementasi Karakter Tanggung Jawab dalam Pembelajaran PPKn melalui Model STAD berbasis Joyfull Learning: Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, 209-213.
Sugiana, A. (2019). Penanaman Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di SMK Ethika Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 105-116.
Ngozwana, N. A. (2017). Civic education in Lesotho: implications for teaching of democratic Citizenship. International Journal of Lifelong Education, 36(5), 526-540.
https://doi.org/10.1080/02601370.2017.1304460.
Nuraini, R. 2019. Dirjen Pendis: Pendidikan Karakter Tantangan Abad 21 dan Kuncinya Guru. [Online].Tersedia di https://jpp.go.id/humaniora/sosial-budaya/336107-dirjen-pendis-pendidikan-karakter-tantangan-abad-21-dan-kuncinya-guru. Diakses pada 30 Mei 2020.
Permendikbud. (2019). Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Prasetyo, D.,& Marzuki. (2016). Pembinaan Karakter melalui Keteladanan Guru Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Islam Al Azhar Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VI, Nomor 2, 215-231.
Putra, P. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPA di MIN Pemangkat Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1), 49-61.
Ratnawulan, E., & Rusdiana, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Sauri, S., & Budimansyah, D. (2014). Nilai kearifan Lokal Pesantren Lokal Pesantren dalam Upaya Pembinaan Karakter Santri. NIZHAM, 3(02), 21-50.
Sauri, S., & Nurdin, D. (2019). Manajemen Pendidikan Berbasis Nilai. Cetakan Kesatu. Bandung: Refika Aditama.
Setiawan, D. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 61-72.
Suardi, dkk. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Jaya Negara Makassar. Jurnal Etika Demokrasi, 4(1), 22-29.
Swalwell, K. (2015). Mind the civic empowerment gap: Economically elite students and critical civic education. Curriculum Inquiry, 45(5), 491-512.
https://doi.org/10.1080/03626784.2015.1095624.
Wahyu. (2011). Masalah dan Usaha Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Komunitas, 3(2), 138-149.
Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, VI(2), 232-245.
Zakiyah, Q.Y., & Rusdiana. (2014). Pendidikan Nilai: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: CV Pustaka setia.
Copyright (c) 2021 Rinita Rosalinda Dewi, Edi Suresman, Cik Suabuana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Asanka: Journal of Social Science and Education allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.