Dampak Makroekonomi terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah di Indonesia

  • Fitra Rizal IAIN Ponorogo
  • Muchtim Humaidi IAIN Ponorogo
Abstract views: 2630 , PDF downloads: 1860
Keywords: Inflasi, Kurs, Produk Domestik Bruto, dan Return on Asset

Abstract

Abstra ct: Perbankan Islam di Indonesia telah berkembang , tetapi target pangsa pasar 5% tidak dapat dicapai. Kondisi ini menyebabkan para profitabilitas perbankan syariah menjadi sangat menarik untuk studi . Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh indikator ekonomi makro yang diukur dengan Inflasi, Nilai Tukar, dan Produk Domestik Bruto terhadap Pengembalian Aset Perbankan Syariah di Indonesia. Populasi penelitian ini adalah semua bank umum syariah dan unit operasional syariah selama sembilan tahun penelitian sejak tahun 2005 hingga 2013. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berisi Inflasi, Nilai Tukar, Produk Domestik Bruto dan Return on Asset yang diperoleh dari data statistik perbankan dan moneter syariah yang telah diterbitkan oleh Bank Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik . Penelitian ini membuktikan bahwa Inflasi, Nilai Tukar, dan Produk Domestik Bruto secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Return on Asset perbankan syariah di Indonesia. Secara parsial, hanya variabel Produk Domestik Bruto yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return on Asset perbankan syariah di Indonesia, sedangkan variabel Inflasi dan Nilai Tukar tidak berpengaruh signifikan.

 

الملخص: تشهد خدمات البنوك الإسلامية في إندونيسيا نمواً وتحسناً، لكن لم يكن تحقيق الحصة السوقية المستهدفة بالغة إلى 5٪. أدت هذه الظروف إلى أن تكون البنوك الإسلامية مثيرة الاهتمام للدراسة والبحوث. جرت هذه الدراسة لتحديد مدى تأثير مؤشرات الاقتصاد الكلي المقاسة بواسطة التضخم وسعر الصرف والناتج المحلي الإجمالي على العائد على الأصول البنوك الإسلامية في إندونيسيا. أما سكان البحث في هذه الدراسة كانت جميع البنوك التجارية الإسلامية ووحدات الأعمال الإسلامية خلال تسع السنوات من البحث منذ 2005 إلى 2013. البيانات المستخدمة في هذه الدراسة هي البيانات الثانوية، وهي التضخم وأسعار الصرف والناتج المحلي الإجمالي والعائد على الأصول التي حصل عليها من إحصاءات البنوك الإسلامية والبيانات النقدية لبنك إندونيسيا التي تم نشرها. تقنية التحليل المستخدمة هي الانحدار الخطي المتعدد. تثبت هذه الدراسة أن التضخم  وسعر الصرف والناتج المحلي الإجمالي يكون له تأثير كبير على العائد على الأصول للبنوك الإسلامية في إندونيسيا. بينما جزئيًا، فإن الناتج المحلي الإجمالي فقط له تأثير إيجابي وهام على العائد على الأصول البنوك الإسلامية في إندونيسيا ، في حين أن التضخم والبورصة ليس لها تأثير كبير.

 

Abstrak: Perbankan syariah di Indonesia mengalami perkembangan, tetapi target pangsa pasar sebesar 5% belum dapat tercapai. Kondisi tersebut mengakibatkan profitabilitas perbankan syariah menjadi sangat menarik untuk diteliti. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh indikator Makroekonomi yang diukur dengan Inflasi, Kurs dan Produk Domestik Bruto terhadap Return on Asset perbankan syariah di Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bank umum syariah dan unit usaha syariah selama sembilan tahun penelitian 2005 sampai 2013. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu data Inflasi, Kurs, Produk Domestik Bruto dan  Return on Assetyang diperoleh dari Statistik Perbankan Syariah dan data moneter Bank Indonesia yang diperoleh oleh Bank Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Penelitian ini membuktikan bahwa variabel Inflasi, Kurs, dan Produk Domestik Bruto secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhada Return on Asset perbankan syariah di Indonesia. Sementara itu, hanya variabel Produk Domestik Bruto yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengembalian Aset perbankan syariah di Indonesia, sedangkan variabel Inflasi dan Kurs tidak mempengaruhi siginfikan.

References

A. Karim, Adiwarman. Ekonomi Makro Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.

Anto. dan Wibowo, M. Ghafur. “Faktor-faktor Penentu Tingkat Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia”. Jurnal Ekonomi Islam La Riba. Volume VI, No. 2, Desember 2012.

Budiono, Pengantar Ilmu Ekonomi No. 2 Ekonomi Makro. Yogtakarta: BPFE, 1998.

Data Indeks Harga konsumen atau Inflasi tahun 2005-2013, diunduh di www.bi.go.id. Diakses November 20013.

Data Kurs Transaksi Bank Indonesia tahun 2005-2013, diunduh di www.bi.go.id.

Data Produk Domestik Bruto Riil tahun 2005-2013, diunduh di www.bi.go.id.

Data Retun On Asset Perbankan Syariah tahun 2005-2013, diunduh di www.bi.go.id.

Fatwa Dewan Syari’ah Nasional No: 15/DSN-MUI/IX/2000 Tentang Prinsip Distribusi Hasil Usaha dalam Lembaga Keuangan Syari'ah.

Gerai Info Bank Indonesia, “Lindung Nilai, Jaminan dan Pendalaman Pasar”. Newsletter Bank Indonesia.Edisi 43, Oktober 2013.

Halim, Levina. “Pengaruh Makroekonomi dan Ekspor Terhadap Kredit Modal Kerja dan Kredit Investasi Perbankan”. Jurnal FINESTA Vol. ,1 No. 2, 2013.

Ismail. Manajemen Perbankan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Kasmir. Bank dan Lembaga Keuangan Liannya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2008.

Kuncoro, Mudraj. Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPM, 2007.

Mankiw, N. Gregory. Pengantar Ekonomi Makro. Jakarta: Salemba Empat, 2006.

Peraturan Bank Indonesia No.10/38/2008 Perubahan atas peraturan Bank Indonesia No.7/31/2005 tentang Transaksi Derivatif

Peraturan Bank Indonesia No.15/8/2013 tentang Transaksi Lindung Nilai Kepada Bank.

Peraturan Bank Indonesia No.7/31/2005 tentang Transaksi Derivatif,

Rizal, Fitra. “FAKTOR PENENTU PROFITABILITAS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (Pasca Peralihan Tugas Pengawasan Perbankan Dari BI Ke OJK).” El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business 1, no. 1 (2018): 53–78. https://doi.org/10.21154/elbarka.v1i1.1441.

———. “Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Non Performing Finance Dan Operational Efficiency Ratio Terhadap Profitabilitas Bank Pembiayaan Rakyat Syariah.” Muslim Heritage 1, no. 1 (2016): 179–96. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v1i1.501.

Romzi, Muhammad. Kurniasari, Arbaatun. Yuniarti. Kusuma, Fandi. Amelia, Reni. dan Putri, Trivanie Erlim. Seasonal adjustment dan peramalan PDB triwulan, badan pusat statistic. Jakarta: CV. Rioma, 2010.

Sahara, Ayu Yunita. “Analisis Pengaruh Inflasi, Suku Bunga BI dan Produk Domestik Bruto Terhadap Return on Asset (ROA) Bank Syariah di Indonesia”. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 1 Nomor 1 Januari 2013.

Siamat, Dahlan. Manajemen Lembaga Keuangan Kebijakan Moneter dan Perbankan. Jakarta: FEUI, 2005.

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sukirno, Sadano. Makroekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2011

Surat Edaran Bank Indonesia No.6/23/DPNP tanggal 31 Mei 2004 tentang Sistem Penilaian Tingkar Kesehatan Bank umum.

Surat Edaran Bank Indonesia No.9/24/DPbS tanggal 30 Oktober 2007 Tentang Sistem Penilaian Tingkar Kesehatan Bank umum berdasarkan prinsip syariah.

Surat Edaran Bank Indonesia No.9/24/DPbS tanggal 30 Oktober 2007 tentang Sistem Penilaian Tingkar Kesehatan Bank umum berdasarkan prinsip syariah

Suwiknyo, Dwi. Kompilasi Tafsir Ayat-ayat Ekonomi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Swandayani, Desi Marilin. dan Kusumaningtias, Rohmawati. “Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, Nilai Tukar Valas dan Jumlah Uang yang Beredar terhadap Profitabilitas pada Perbankan Syariah di Indonesia Periode 2005-2009”. Jurnal AKRUAL (Jurnal Akuntansi). Vol. 3 No.2 Oktober 2012.

Tambunan, Tulus T.H. Perekonomian Indonesia Kajian Teoritis dan Analisis Empiris. Bogor: Ghalia Indonesia, 20112.

Tambunan, Tulus T.H. Perekonomian Indonesia Kajian Teoritis dan Analisis Empiris. Bogor: Ghalia Indonesia, 20112.

Tim Penyusun, “Outlook Perbankan Syariah”. Jakarta: BI, 2013.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Undan Undang Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah.

PlumX Metrics

Published
2019-10-09
Section
Articles