KONSEP KEPRIBADIAN GURU MENURUT ZAKIAH DARADJAT
DOI:
https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v4i2.1798Keywords:
teacher's personality, the thought of Zakiah DaradjatAbstract
Faktor terpenting seorang guru adalah kepribadiannya, kepribadian guru pengaruh langsung terhadap kebiasaan proses belajar. Dewasa ini, banyak guru yang tidak peduli terhadap kepribadian siswa. Penulis memilih pemikiran dari Zakiah Daradjat, karena Zakiah menampilkan konsep belajar dengan memandang siswa dari segi mental, fisik, kejiwaan, danmotivasi.Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data hasil penelitian ini, di antaranya: Pertama, fungsi kepribadian guru menurut Zakiah Daradjatya itu untuk mengetahui keseimbangan dan keserasian mengenai kepribadian guru termasuk dalam proses belajar.Kedua, konsep kepribadian guru dalam proses belajar menurut Zakiah Daradjat mencakup enam unsur di antaranya: kegairahan dan kesediaan untuk belajar, membangkitkan minat peserta didik, menumbuhkan bakat, sikap dan nilai, mengatur proses belajar mengajar, situasi belajar mengajar secara manusiawi, dan mentransfer pengaruh belajar di dalam sekolah kepada penerapannya di dalam kehidupan di luar sekolah. Ketiga, pengembangan terhadap konsep kepribadian guru dalam proses belajar menurut Zakiah Daradjat, dalam hal ini menggunakan teori Abraham Maslow.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Requirements to be met by the author as follows:
- Author storing copyright and grant the journal right of first publication manuscripts simultaneously with licensed under the Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with a statement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into the preparation of additional contractual separately for non-exclusive distribution of a rich version of the journal issue (eg:post it to an institutional repository or publish it in a book), with the recognition of initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to post their work online (eg, in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, because it can lead to productive exchanges, as well as citations earlier and more severe than published works. (see The Effect of Open Access).