Pengaruh Pendidikan Berkelanjutan terhadap Pemahaman Sustainable Development Goals Perubahan Iklim Siswa SMP Negeri 5 Kota Mojokerto
DOI:
https://doi.org/10.21154/asanka.v6i2.10248Keywords:
Perubahan Iklim, Pendidikan, Sustainable Development Goals (SDGs), Penanaman PohonAbstract
Education plays a crucial role in building awareness of this issue, although its comprehensive implementation in schools has not yet been fully integrated. This study aims to investigate the impact of ecological education through socialization and tree-planting activities on students' understanding of climate change, as part of the implementation of the Sustainable Development Goals (SDGs). The research method employed was a pre-experiment with a single-group pretest-posttest design, involving 38 students from SMP Negeri 5 Mojokerto. The results showed a significant increase in understanding following the activities. The learning model that combines theoretical and practical aspects proved to be effective in fostering environmental awareness and providing a more contextual learning experience. This ecology-based activity not only strengthens students' environmental literacy but also aligns with the SDGs, particularly those related to quality education, action on climate change, and conservation of terrestrial ecosystems. Therefore, schools play a crucial role in instilling ecological awareness from an early age through sustainable education that addresses the challenges of climate change.
ABSTRAK
Perubahan iklim membawa konsekuensi yang serius bagi kehidupan manusia, mulai dari deforestasi, hilangnya keanekaragaman hayati, hingga kenaikan suhu bumi. Kondisi ini menuntut keterlibatan generasi muda dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. Pendidikan berperan penting dalam membangun kesadaran tersebut, meskipun penerapannya di sekolah masih belum sepenuhnya mengintegrasikan isu perubahan iklim secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak pendidikan ekologi melalui kegiatan sosialisasi dan penanaman pohon terhadap pemahaman siswa mengenai perubahan iklim sebagai bagian dari implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest, melibatkan 38 siswa SMP Negeri 5 Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman yang signifikan setelah pelaksanaan kegiatan. Model pembelajaran yang memadukan aspek teoritis dan praktik nyata terbukti efektif dalam menumbuhkan kepedulian lingkungan serta memberikan pengalaman belajar yang lebih kontekstual. Kegiatan berbasis ekologi ini tidak hanya memperkuat literasi lingkungan siswa, tetapi juga selaras dengan tujuan SDGs, khususnya terkait pendidikan berkualitas, aksi terhadap perubahan iklim, dan pelestarian ekosistem darat. Dengan demikian, sekolah memiliki peranan penting dalam menanamkan kesadaran ekologi sejak dini melalui pendidikan berkelanjutan yang mampu menjawab tantangan perubahan iklim.
References
Abdul, D. F. F. (2022). Upaya Greenpeace dalam Mendorong Realisasi Kebijakan No Deforestation. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/68504/1/Dhiza Faula Firdausyi Abdul.FISIP.pdf
Adela, D., & Purnama, D. (2020). Integrasi Pendidikan Lingkungan Melalui Pendekatan Ecopedaogy dalam Pembelajaran IPS Sekola Dasar. Jurnal BELAINDIKA, 17-26.
Agus, R. E. (2024). Fighting Egoism in Freedom of Religion and Belief (Case Study: Communities Around the Keraton Solo Hadiningrat). ASANKA: Journal of Social Science and Education, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.21154/asanka.v5i2.7172
Cahyani, F. H., Widiyanto, B., & Arfiani, Y. (2025). Pengetahuan Sustainable Development Goals (SDGs) terhadap Guru IPA SMP dalam Mendukung Education for Sustainable Development (ESD) pada Pembelajaran IPA. JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti), 9(1), 6–16. https://doi.org/10.24905/jpmp.v9i1.104
Hamidah, N., Surtikanti, H. K., & Riandi. (2023). Implementasi education for sustainable development (ESD) pada universitas lintas negara terhadap tingkat pengetahuan dan perilaku kesadaran lingkungan mahaPeserta didk. Asian Journal Collaboration of Social Environment and Education, 31-42.
Hardani, et.al. (2020). Metode Penelitian. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi. (2023). Transformasi Pendidikan: Peran Pendidikan Berkelanjutan dalam Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2416-2421.
Lasaiba, I. (2023). Menggugah Kesadaran Ekologis: Pendekatan Biologi untuk Pendidikan Berkelanjutan. Jendela Pengetahuan, 143-163.
Leontinus, G. (2022). Program Dalam Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sdgs) dalam Hal Masalah Perubahan Iklim Di Indonesia. Jurnal Samudra Geografi, 5(1), 43–52. https://doi.org/10.33059/jsg.v5i1.4652
Lestari, B. B., Nugraheni, N., & Husain, F. (2024). Penerapan Edukasi SDGS di Lingkungan Sekolah Guna Mendukung Terwujudnya Kesejahteraan Pendidikan. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 67–72.
Malihah, L. (2022). Tantangan dalam Upaya Mengatasi dampak Perubahan Iklim dan Mendukung Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan: Sebuah Tinjauan. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 17(2), 219–232. https://doi.org/10.47441/jkp.v17i2.272
Mufidah, N., & Kurniawan, A. F. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Sikap Toleransi dan Hasil Belajar Siswa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 51–64. https://doi.org/10.19105/ejpis.v4i1.6151
Putra, D. Y., & Mufidah, N. (2022). Implementasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Balong. ASANKA: Journal of Social Science and Education, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.21154/asanka.v3i1.4577
Rahayu, I., & Et al. (2024). Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Membentuk Kesadaran Lingkungan dan Tanggung Jawab Sosial di Kalangan Pelajar . Global Education Journal, 101-110.
Risnanda, M. A., Ashry, B. F. A., Audita, F. F., Febriani, R. L., & Munir, A. M. (2024). Membangun Kesadaran Perubahan Iklim di Kalangan Generasi Muda Asean: Aksi Tanam Pohon Mahasiswa Universitas Mataram di Batu Lapan Malaysia. Prosiding Semnaskom-Unram, 6(1), 255–269.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Erhaka Utama.
Sahrir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.
Valantia, M., Safitri, N., Rizki, M., Hidayat, A., & Lestari, N. A. (2024). Efektivitas Program Penanaman Pohon untuk Lingkungan Keberlanjutan dalam Melawan Perubahan Iklim The Effectiveness of Tree Planting Programs for Environmental Sustainability in Combating Climate Change. 1(4), 13–21.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dhimas Bagus Virgiawan, Risma Dita Pratiwi, Adib Suhail Anwari, Siti Maulidah, Siti Saidah, Nuansa Bayu Segara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
