Peningkatan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Investigasi Kelompok di SMP Negeri 11 Madiun
Keywords:
Keterampilan Sosial, Hasil Belajar, Investigasi KelompokAbstract
Sebagian besar peserta didik kelas VIIB SMP Negeri 11 Madiun masih menghadapi kendala dalam mengembangkan keterampilan sosial mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS melalui metode investigasi kelompok. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIIB SMP Negeri 11 Madiun sejumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Analisis data menggunakan statistik deskriptif secara rata-rata dan persentase yaitu dengan menginventarisasi dan memadukan seluruh informasi yang diperoleh dari tiap siklus. Penelitian ini berlangsung dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan sosial pada pra siklus sebesar 34,37%, siklus I sebesar 62,50%, serta pada siklus II sebesar 81,25%. Sedangkan peningkatan hasil belajar tampak dari persentase capaian KKTP pra siklus sebesar 31,25%, siklus I sebesar 62,50%, serta siklus II sebesar 87,50%. Kesimpulannya adalah metode investigasi kelompok dapat meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar peserta didik.
ABSTRACT
Most students in class VIIB of SMP Negeri 11 Madiun struggle to develop social skills. In addition, many of them have not achieved the expected learning outcomes. This research aimed to determine the improvement of social skills and the result of social studies learning outcomes through the group investigation method. This classroom action research uses a qualitative approach. The research subjects were 32 students in class VIIB of SMP Negeri 11 Madiun. Data collection techniques were observation and tests. Data analysis used descriptive statistics on average and percentage by inventorying and combining all information obtained from each cycle. This research lasted two cycles, each consisting of stages of planning, action, observation, and reflection. The results showed an increase in social skills in the pre-cycle of 34.37%, cycle I of 62.50%, and cycle II of 81.25%. Meanwhile, the increase in learning outcomes was seen from the percentage of achievement of KKTP in the pre-cycle of 31.25%, cycle I of 62.50%, and cycle II of 87.50%. The conclusion is that the group investigation method can improve students' social skills and learning outcomes.
References
Bauw, R. H. I., & Sucipto. (2024). Penerapan model pembelajaran group investigation ( gi ) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Journal Of Social Science Research, 4(1), 2807–4246.
Dalam, K., Hasil, M., & Siswa, B. (2025). 1,2,3,4. 5(1), 246–256.
Dwihartanto, Y., Suryanto, E., & Andayani, D. (2016). Penerapan Metode Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Argumentasi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(2), 126–4109. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/
Fitrah Dwi, D., & Lam’ah. (2022). Penerapan Model Investigasi Kelomok Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu, 04(01), 83–93.
Ge'e, T. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pelajaran 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(2), 45–58.
Ginanjar, A. (2016). Penguatan peran ips dalam meningkatkan keterampilan sosial peserta didik. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 1(1), 118.
Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Handayani, F., Hendriana, H., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 250. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7248
Harahap, A. P., Hilya, A. R., Harahap, N. N., Khoiri, M. L., Islam, U., & Sumatera, N. (2025). Implementasi Teori Sosial Belajar Di Yayasan Pendidikan Al – Ihsan Desa Amplas Tambak RejO. 9(1), 321–329.
Keuangan, D. L., Keuangan, I., Digital, L., Usaha, K., Kecil, M., & Sumenep, K. (2024). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal. 6, 2266–2282. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i3.4098
Muhandaz, R. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Terhadap Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Viii Mtsn Kota Padang. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 35. https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1338
Mustamin, K., & Syamsiah. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi. Jurnal Galeri Pendidikan, 3(1), 112–121. https://doi.org/10.25273/ajsp.v15i1.19507
Nikodemus Yafet Tuturop, R. E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigasi Terhadap Tingkat Interaksi Antara Peserta Didik Dengan Guru Di Smp Negeri 2 Kokas Kampung Degen Distrik Teluk Patipi. UNES Journal of Education Sciences Volume 7, Issue 1, May 2023, 1(4), 323–330.
No, V., Ar, M. A. M., & Fuadi, A. (2024). Jurnal Kajian dan Riset Mahasiswa Penerapan Model Group Investigation Untuk. 1(5), 997–1012.
Nurrohmah, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Keterampilan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Skripsi. http://eprintslib.ummgl.ac.id/3289/1/File 1 %28Cover%2C Bab I%2C Bab II%2C Bab III%2C Bab V%2C Daftar Pustaka%29 - Hesti Nurrohmah.pdf
Oktamia Anggraini Putri. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1349–1358.
Pemerintah Indonesia. (2017). Perundang-undangan Undang-Undang DPemerintah Indonesia. “Perundang-Undangan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.” Undang-Undang Nomor 23 (2017): 1. https://www.mpr.go.id/img/sosialisasi/file/1610334013_file_mpr.pdf.asar Negara Republi. Undang-Undang Nomor, 23, 1. https://www.mpr.go.id/img/sosialisasi/file/1610334013_file_mpr.pdf
Putra, R., Satria, I., & Saepudin, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 24 Kota Bengkulu. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 6(1), 60. https://doi.org/10.29300/ijsse.v6i1.4052
Rahmadhea, S. (2024). Pengembangan Program Bimbingan Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. JBK Jurnal Bimbingan Konseling, 2(02), 46–53.
Rando, R. A., & Ali, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 295–300. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD
Rangkuti, L. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Pada Siswa Kelas VIII. 1 SMP Negeri 4 Batang Angkola Semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/ 2020. Jurnal Tarombo Pendidikan Sejarah IPTS, 3(2), 25–31.
Siregar, T. J. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Keterampilan Sosial Siswa Smp Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 10(1), 97. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.9265
Supardi, 2024-Manfaat Investigasi Kelompok.pdf. (n.d.).
Warsyena, R., & Wibisono. (2021). Nusantara Hasana Journal. Nusantara Hasana Journal, 1(7), 132–137.
Wulandari, H., & Madiun, U. P. (2024). Penerapan Metode Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Berinteraksi Sosial Dan Hasil Belajar IPAS -IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Manuk Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. 1, 151–161.
Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Alfihris : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Susi Ratnawati, Muhammad Hanif, Nurhadji Nugraha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Asanka: Journal of Social Science and Education allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.