Penggunaan E-LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS di SMP Negeri 11 Madiun

Authors

  • Heru Kuswanto Ari Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia
  • Sudarmiani Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia
  • Ibadulah Malawi Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21154/asanka.v6i2.11707

Keywords:

E-LKPD Interaktif, Keaktifan, Hasil Belajar

Abstract

Peserta didik di SMP Negeri 11 Madiun kelas VIIG masih pasif dalam proses pembelajaran. Selain itu, banyak dari mereka belum mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan E-LKPD interaktif berbasis Liveworksheet dalam meningkatkan keaktifan serta hasil belajar mata pelajaran IPS. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen data berupa observasi keaktifan peserta didik dan tes hasil belajar. Proses penelitian berlangsung dalam dua siklus, masing-masing mencakup fase perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan kegiatan reflektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan meningkat selama pra-siklus sejumlah 44,44%, siklus I sejumlah 62.96%, dan pada siklus II sejumlah 81.48%. Peningkatan persentase mencerminkan pencapaian Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran mengalami kenaikan, yaitu 25,92% pada fase pra-siklus, menjadi 77,77% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 85,18% pada siklus II. Bahwa penggunaan E-LKPD berbasis Liveworksheet terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi dalam pembelajaran peserta didik, yang tampak melalui meningkatnya partisipasi dalam diskusi, keberanian bertanya, serta keterlibatan dalam menyelesaikan tugas. Selain itu, hasil belajar peserta didik terlihat adanya peningkatan yang menandai kemajuan antara pratindakan dan pasca tindakan pada setiap siklus. Kesimpulannya adalah bahwa penggunaan E-LKPD interaktif berbasis Liveworksheet dapat menjadi alternatif inovatif untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS.

References

Agustina (2019:195). Keaktifan Peserta didik dalam Proses Pembelajaran

Alfiana, dkk, Penggunaan Media Live Workshet untuk Peningkatan Partisipasi Aktif dalam Pembelajarran Tematik di SD Kelas Tinggi, Prosding Didaktis 6 Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2021, Vol. 6, No. 1, h. 27

Awe, E. Y., & Ende, M. I. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Elektronik Bermuatan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta didik pada Tema Daerah Tempat Tinggalku pada Peserta didik Kelas IV SDI Rutosoro di Kabupaten Ngada. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 48.

Faridi (2023) Penggunaan Media Interaktif Liveworksheets untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bilangan Berpangklat Keals IX A SMP Negeri 2 Kandangan Serang. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi , 3(1):122-129, https://DOI:10.51878/edutech.v3i1.2121

Herawati, E. P., & Gulo, F. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif untuk Pembelajaran Konsep Mol di Kelas X SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 3(2), 168–178.

Hidayati, B. N., Zulandri, Z., & others. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://DOI:10.29303/jpmpi.v4i2.668

Sudjana, Nana (2018) Metode Active Learning (Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa). Yogyakarta: Budi Utama.

Purnomo .,Hidayati YM. ,& Samsiyah S (2022). Penerapan Model Problem-Based Learning Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar, EDUCATIF: Journal of Education Research 4(3):119-125, https://DOI:10.36654/educatif.v4i3.211

Rikawati, Kezia, dan Debora Sitinjak. 2020. Peningkatakan Keaktifan Belajar Peserta didik Dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry. Vol. 2, No. 2. Oktober 2020. Hlm 40-48. E-ISSN: 2685-4880.

Suryaningsih S., & Nurlita R (2021):, Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21 , Vol. 2 No. 07 Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) DOI: https://doi.org/10.59141/japendi.v2i07.233

Sutrisno (2021). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan dengan Media Pembelajaran. Malang: Ahlimedia Press

Syachtiyani, Wulan Rahayu, dan Novi Trisnawati. 2021. Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 2, No. 1. April 2021. Hlm 90-101. E-ISSN: 2722-4899

Taqwin Muh .. Muis Abd., & Thamrin S.A. B (2024), Penggunaan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (e-LKPD) Berbasis Edform Untuk Meningkatkan Aktivias dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII G J SMP Negeri 19 Makassar, Jurnal Pemikiran dan Pengembangan pembelajaran

Yeyen Nurtanto., &Suneki S (2024), Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Software Liveworksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik,Didaktik:Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.2955

Yandi, A, Putri, A. N. K, dan Putri, Y. S. K. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review), Jurnal Pendidikan Siber Nusantara. Vol.1, No.1, January 2023, hal 20-22

Published

2025-11-10

Issue

Section

Articles