Pembelajaran Desain Grafis Berbasis Masalah: Strategi Peningkatan Prestasi dan Karakter Siswa SMA di Sorong
Keywords:
Pemecahan Masalah, Desain Grafis, Kreativitas, Prestasi, KarakterAbstract
Pendidikan desain grafis memiliki peran strategis dalam mengembangkan keterampilan teknis dan kreativitas siswa. Namun, pendekatan pembelajaran yang terlalu menitikberatkan pada aspek teknis sering kali mengabaikan pentingnya kemampuan pemecahan masalah yang esensial dalam menghadapi tantangan dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki implementasi pembelajaran berbasis desain dengan pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) sebagai strategi untuk meningkatkan prestasi akademik dan mengembangkan karakter siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus di sebuah sekolah menengah. Data dikumpulkan melalui observasi proses pembelajaran, wawancara dengan guru desain grafis, analisis portofolio tugas siswa, serta penyebaran kuesioner untuk mengukur persepsi siswa terhadap pengembangan karakter mereka, seperti kreativitas, kerja sama, dan kepemimpinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dalam pembelajaran desain grafis mampu meningkatkan kualitas hasil karya siswa serta membentuk karakter positif, termasuk kemampuan bekerja sama, kepemimpinan, dan kreativitas. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa pendekatan PBL tidak hanya efektif dalam meningkatkan prestasi akademik, tetapi juga berkontribusi terhadap pembentukan karakter siswa yang relevan dengan kebutuhan dunia profesional. Rekomendasi dari penelitian ini mendorong pengintegrasian pendekatan berbasis masalah secara lebih luas dalam kurikulum pendidikan desain untuk mendukung pembelajaran yang lebih bermakna dan kontekstual.
References
Agus, R. E. (2024). Fighting Egoism in Freedom of Religion and Belief (Case Study: Communities Around the Keraton Solo Hadiningrat). ASANKA : Journal of Social Science and Education, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.21154/asanka.v5i2.7172
Aisyah, R., & Sari, P. (2020). Penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam desain grafis. Jurnal Pendidikan Desain, 11 (4), 95-110. https://doi.org/10.1080/23761476.2020.1710115
Amiruddin, A., & Djuhan, M. W. (2021). Upaya Guru Mata Pelajaran IPS dalam Menanamkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa. ASANKA : Journal of Social Science and Education, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.3029
Anggoro, T. (2021). Dampak pembelajaran berbasis masalah dalam pendidikan desain. Jurnal Pendidikan Desain, 22 (3), 45-60. https://doi.org/10.1080/23761476.2020.1710115
Asep, Y., & Utami, L. (2021). Pembelajaran berbasis masalah dalam pendidikan desain grafis. Jurnal Komunikasi Visual, 10 (2), 150-165.
Barrows, HS (2000). Pembelajaran berbasis masalah: Sebuah pendekatan pendidikan kedokteran . Springer Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-19122-1
Biro Statistik Tenaga Kerja. (2021). Buku Panduan Prospek Kerja: Seniman dan Pekerja Terkait . Departemen Tenaga Kerja AS. https://www.bls.gov/ooh/arts-and-design/
Dewey, J. (1938). Pengalaman dan pendidikan . Macmillan.
Fadhila, E., & Dewi, M. (2021). Penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam pendidikan desain grafis. Jurnal Komunikasi Visual dan Teknologi, 15 (1), 31-43. https://doi.org/10.1080/23735125.2020.1729078
Fitria, D., & Zainuddin, Z. (2021). Implementasi pembelajaran berbasis masalah pada pendidikan desain grafis . Jurnal Pendidikan Desain, 14 (2), 88-102.
Forum Ekonomi Dunia. (2021). Laporan masa depan pekerjaan 2021. https://www.weforum.org/reports/the-future-of-jobs-report-2021
Garcia, L., & Ferrer, R. (2019). Meningkatkan kreativitas dalam pendidikan desain melalui PBL. Design Education Review, 7 (3), 55-67. https://doi.org/10.1080/09544821.2019.1593878
Gunawan, R. (2019). Penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam desain grafis . Jurnal Pendidikan Seni, 18 (1), 20-35. https://doi.org/10.1080/23761476.2020.1710115
Halim, S. (2021). Efektivitas pembelajaran berbasis masalah dalam pendidikan teknik . Jurnal Pendidikan dan Teknik, 16 (4), 78-90.
Hidayah, S., & Ningsih, R. (2020). Dampak PBL terhadap keterampilan kreatif dalam pendidikan desain. Jurnal Pendidikan Kreatif, 12 (2), 45-60. https://doi.org/10.1080/23504735.2020.1785469
Hutagalung , T. (2020). Perangkat digital dalam pendidikan desain grafis. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Desain, 20 (1), 45-60. https://doi.org/10.1080/23735125.2020.1729078
Institut Desain Jakarta. (2019). Laporan hasil penelitian pendidikan desain grafis di Indonesia . Jakarta: Institut Desain.
Kolb, DA (1984). Pembelajaran eksperiensial: Pengalaman sebagai sumber pembelajaran dan pengembangan . Prentice-Hall.
Mufidah, N. (2016). Program Jam Wajib Belajar dalam Membentuk Civic Disposition Warga Negara.. HUMANIKA, 23(1), 32–45. https://doi.org/10.14710/humanika.23.1.32-45
Mulyani , R. (2019). Literasi digital dan pendidikan desain grafis. Jurnal Pendidikan Digital, 4 (3), 78-85.
Nugroho, R., & Widodo, S. (2021). Pembelajaran berbasis masalah dalam pendidikan desain: Studi kasus di Indonesia. Jurnal Pendidikan Desain Indonesia, 6 (1), 50-64.
Putra, D. Y., & Mufidah, N. (2022). Implementasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Balong. ASANKA : Journal of Social Science and Education, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.21154/asanka.v3i1.4577
Ramli, M. (2020). Penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam desain grafis. Jurnal Desain Internasional, 17 (2), 32-43.
Sari, M. (2018). Penerapan PBL di pendidikan kedokteran . Jurnal Kedokteran dan Pendidikan, 14 (1), 60-72. https://doi.org/10.1016/j.kdp.2018.02.006
Sutrisno, A., & Purnama, M. (2020). Strategi pembelajaran aktif untuk pendidikan desain grafis. Jurnal Desain Grafis, 11 (3), 201-214. https://doi.org/10.1108/JGD-06-2020-0148
Taufiq, F., & Fahri, M. (2022). Tantangan penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam pendidikan desain. Jurnal Inovasi Desain, 21 (3), 99-113.
Vygotsky, LS (1978). Pikiran dalam masyarakat: Perkembangan proses psikologis tingkat tinggi . Harvard University Press.
Wahyuni, M. (2018). Peran desain grafis dalam pemasaran dan branding. Jurnal Pendidikan Pemasaran, 23 (2), 98-112. https://doi.org/10.1080/23761476.2018.1450739
Wijaya, A., & Harsono , R. (2017). Efektivitas PBL dalam pendidikan desain. Jurnal Pendidikan dan Desain, 25 (4), 56-70.
Widyastuti , R., & Hermawan, P. (2020). Meningkatkan kreativitas melalui pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Kreativitas dan Pembelajaran, 17 (2), 101-113.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Afif Assy Ary, Indri Anugrah Ramadhani, Firman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).