Upaya Guru Mata Pelajaran IPS dalam Menanamkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa
Abstract
References
Ahmad, A., Noor S. Saad,dan Sazelli Ab Ghani “Mathematical ProblemSolving Behavior of Successful Problem Solvers,” Jurnal Pendidikan Sains & Matematik Malaysia, (Online), Volume 2, No 4. https://ejournal.upsi.edu.my/index.php/JPSMM/article/view/2130), Diakses 15 November 2020).
Departemen Pusat Bahasa Depdiknas. Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2008.
Depertemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2007.
Dwi Sartika, Eva & Cik Ima. Implementasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Utama Bakti Palembang. Prosiding Seminar Nasional 20: Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, (Online), 25 November 2017. (https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1343, Diakses 15 November 2020).
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Herlambang. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Kepahiang tentang Bangun Datar Ditinjau dari Teori Van Hielle. Tesis: PPS Universitas Bengkulu, 2013.
Koesoema, Doni. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2007.
Kurniawan, Syamsul Kurniawan. Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasi secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan TInggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Mu’in, Fatchul. Pendidikan Karakter: Kontruksi Teoritik dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011
Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Mustoip, Sofyan. Implementation of Character Education. International Journal Pedagogy of Social Studies, (Online), Volume, 3 No 1, 2018: 51-56. (https://ejournal.upi.edu/index.php/pips/article/view/12087, Diakses 15 November 2020).
Novan Ardy Wiyani, Pendidikan Karakter Berbasis Iman Dan Taqwa (Yogjakarta: Teras, 2012),
Novitasari, Wiyanarti Erlina & Jupri. The Implementation of Project Based Learning to Improve Students Responsibility in Social Studies Learning. International Journal Pedagogy of Social Studies, (Online), Volume 3, No 2, 2018: 19-32. (https://ejournal.upi.edu/index.php/pips/article/view/14468, Diakses 15 November 2020).
Nurhadi, Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang, 2004.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Pasal 3.
Wawancara dengan Ibu Siti Supatmi pada hari jumat pagi tanggal 12 November 2020.
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter: Konsep Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenandamedia Group, 2011.
Copyright (c) 2021 amiruddin amiruddin, Muhammad Widda Djuhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Asanka: Journal of Social Science and Education allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.