Kinerja Guru Kelas Ditengah Pandemi Covid-19 pada Materi IPS Kelas 5 SDN Larangan Luar 03 Pamekasan

  • Ahmad Imam Khairi IAIN Madura
  • Moh Imam Sufiyanto IAIN Madura
Abstract views: 487 , PDF downloads: 452
Keywords: Teacher Performance, pandemic covid-19, Online Learning

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini mengalami perubahan dalam proses kegiatan belajar mengajar, hal ini terjadi karena wabah atau pandemic covid-19 yang melanda dunia maupun Indonesia belum berakhir. Dari proses belajar tatap muka secara langsung di sekolah, sekarang proses pembelajaran dilakasanakan secara daring dari rumah masing-masing dengan memanfaatkan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja guru ditengah pandemic covid-19 pada Sekolah Dasar Negeri Larangan Luar 03 Pamekasan yang dilakukan secara online. Metode Penelitian yang digunakan adalah studi kasus ekslorasi berupa deskriptif kualititatif yaitu kegiatan untuk memperoleh data yang bersifat apa adanya dalam kondisi tertentu yang hasilnya lebih menekankan terhadap makna yang didapat dengan menggunakan google form yang dikirim kepada guru. Hasil penelitian didapat bahwa rata-rata dari Guru kelas yang bertugas mengajar pada kelas lima SDN Larangan Luar 03 Pamekasan yang melaksanakan kegiatan pembelajaran secara online atau daring adalah sebesar 67%, sisanya 33% persen melaksanakan kegiatan pembelajaran secara blended learning. kemudian didapat pula bahwa 100 % dari guru tersebut merencanakan pembelajaran sebelum pembelajaran daring dilaksanakan dengan membuat perangkat pembelajaran yang disesuaikan. Kesimpulan yang didapat yakni para guru bekerja keras untuk tetap menyampaikan pembelajaran kepada siswa-siswinya agar proses kegiatan belajar mengajar tetap terlaksana dengan baik, meskipun terdapat beberapa faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran yang ditemui, mulai dari masih banyaknya siswa yang belum mempunyai handphone, kendala akses jaringan sampai pada kuota internet.

References

Achmad Patoni. (2004). Dinamika Pendidikan Anak. PT. Bina Ilmu.

Ahmad Barizi, M. I. (2010). Menjadi Guru Unggul. Ar-Ruzz Media.

Ajat Rukajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif Quantitaive Research Approach. Deepublish.

Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Bastian. (2001). Akuntansi Sektor Publik di Indonesia. BPFE.

Basuki, M. M. U. (2007). Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. STAIN Ponorogo Press.

Conny R. Semiawan. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Grasindo.

Didi Pianda. (2018). Kinerja Guru. CV Jejak.

Inpres, S. D., Kecamatan, T., Kabupaten, M., & Londa, V. Y. (2021). KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID-19 Studi di SD Inpres Tateli Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa. Jurnal Administrasi Publik, 7(99), 1–11.

Purwanto, A. (2020). Studi eksplorasi Dampak WFH Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 92–100.

Syafruddin Nurdin. (2003). Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Ciputat Press.

PlumX Metrics

Published
2021-09-30
Section
Articles