Kinerja Guru Kelas Ditengah Pandemi Covid-19 pada Materi IPS Kelas 5 SDN Larangan Luar 03 Pamekasan
DOI:
https://doi.org/10.21154/asanka.v2i2.3151Keywords:
Teacher Performance, pandemic covid-19, Online LearningAbstract
Pendidikan di Indonesia saat ini mengalami perubahan dalam proses kegiatan belajar mengajar, hal ini terjadi karena wabah atau pandemic covid-19 yang melanda dunia maupun Indonesia belum berakhir. Dari proses belajar tatap muka secara langsung di sekolah, sekarang proses pembelajaran dilakasanakan secara daring dari rumah masing-masing dengan memanfaatkan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja guru ditengah pandemic covid-19 pada Sekolah Dasar Negeri Larangan Luar 03 Pamekasan yang dilakukan secara online. Metode Penelitian yang digunakan adalah studi kasus ekslorasi berupa deskriptif kualititatif yaitu kegiatan untuk memperoleh data yang bersifat apa adanya dalam kondisi tertentu yang hasilnya lebih menekankan terhadap makna yang didapat dengan menggunakan google form yang dikirim kepada guru. Hasil penelitian didapat bahwa rata-rata dari Guru kelas yang bertugas mengajar pada kelas lima SDN Larangan Luar 03 Pamekasan yang melaksanakan kegiatan pembelajaran secara online atau daring adalah sebesar 67%, sisanya 33% persen melaksanakan kegiatan pembelajaran secara blended learning. kemudian didapat pula bahwa 100 % dari guru tersebut merencanakan pembelajaran sebelum pembelajaran daring dilaksanakan dengan membuat perangkat pembelajaran yang disesuaikan. Kesimpulan yang didapat yakni para guru bekerja keras untuk tetap menyampaikan pembelajaran kepada siswa-siswinya agar proses kegiatan belajar mengajar tetap terlaksana dengan baik, meskipun terdapat beberapa faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran yang ditemui, mulai dari masih banyaknya siswa yang belum mempunyai handphone, kendala akses jaringan sampai pada kuota internet.
References
Achmad Patoni. (2004). Dinamika Pendidikan Anak. PT. Bina Ilmu.
Ahmad Barizi, M. I. (2010). Menjadi Guru Unggul. Ar-Ruzz Media.
Ajat Rukajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif Quantitaive Research Approach. Deepublish.
Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.
Bastian. (2001). Akuntansi Sektor Publik di Indonesia. BPFE.
Basuki, M. M. U. (2007). Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. STAIN Ponorogo Press.
Conny R. Semiawan. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Grasindo.
Didi Pianda. (2018). Kinerja Guru. CV Jejak.
Inpres, S. D., Kecamatan, T., Kabupaten, M., & Londa, V. Y. (2021). KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID-19 Studi di SD Inpres Tateli Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa. Jurnal Administrasi Publik, 7(99), 1”“11.
Purwanto, A. (2020). Studi eksplorasi Dampak WFH Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 92”“100.
Syafruddin Nurdin. (2003). Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Ciputat Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).