Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Critical Thinking Siswa Menggunakan Strategi Point Counterpoint
Abstract
References
Iranto, Dicky, And S Suparno. 2014. “The Effects Of Pbl Method Using The Hypermedia To The Students’ Critical Thinking Skill On The Social Studies Subject.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (Jpeb) 2 (2): 40. Https://Doi.Org/10.21009/Jpeb.002.2.3.
Muhibbin, Ahmad, Et. Al. 2019. “Data Analysis On Civic Education Learning Development Based On Controversial Issues In The Mass Media In Collaboration With Active Learning To Increase The Democratic Higher Order Thinking Skills.” International Journal Of Scientific And Technology Research 8 (10): 2124–31.
Redhana, I Wayan. 2013. “Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pertanyaan Socratik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Cakrawala Pendidikan, No. 3: 351–65. Https://Doi.Org/10.21831/Cp.V0i3.1136.
Suprianto, Edy. 2020. “Implementasi Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi.” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 1 (02): 22. Https://Doi.Org/10.30742/Tpd.V1i02.810.
Susilowati, Rini. 2018. “Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Kelas 4 Sd.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 2 (1): 57–69. Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V2i1.13870.
Syaribuddin, S., I. Khaldun, And M. Musri. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Audio Visual Pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Penguasaan Konsep Dan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma Negeri 1 Panga.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Education) 4 (2): 96–105.
Pustaka yang berupa judul buku:
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Cecep Kustandi, Bambang, And Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran Manual Dan Digital. In . Bogor: Ghalia Indonesia.
Faiz, Fahruddin. 2012. Thinking Skill: Pengantar Menuju Berpikir Kritis. Cetakan Pe. Yogyakarta: Suka Press.
Mursini. 2011. Apresiasi Dan Pembelajaran Sastra Anak-Anak. Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis.
Rohani, Ahmad. 2014. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Edisi Revi. Bandung. Nuansa.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Pustaka yang berupa Prosiding Seminar:
Rachmantika, Arfika Riestyan, And Wardono. 2019. “Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah.” Prosiding Seminar Nasional Matematika 2: 439–43.
Pustaka yang berupa disertasi/thesis/skripsi:
Djou, Ridwan A. 2016. “Pemanfaatan Internet Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Siswa.” Https://Eprints.Umm.Ac.Id/34453/2/Jiptummpp-Gdl-Ridwanadjo-45857-2-Babi.Pdf.
Feni Nazela, Et. Al. 2019. “Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Point Counter Point Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii A Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mts Negeri Sentajo Filial Singingi Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi.” Http://Ejournal.Uniks.Ac.Id/Index.Php/Alhikmah/Article/View/499.
Fitrianita, Yulia. 2014. “Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Kelas Iva Dengan Strategi Point Counter Point Sd Negeri 28 Batang Anai Palapa Saiyo.” File:///C:/Users/Ginda/Downloads/3920-File Utama Naskah-13823-1-10-20140827.Pdf.
Haryanti, Yuyun Dwi. 2017. “Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.” Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/266400-Model-Problem-Based-Learning-Membangun-K-0b165afb.Pdf.
Hasnur, Muhammad Arif. 2020. “Penerapan Strategi Point Counter Point Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema Makanan Sehat Muatan Ips Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekanbaru” 2507 (February): 1–9.
Lestari, Rahayu. 2019. “Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Critical Thinking Dan Career Decision.”
Lusyawati, Ennis Dalam Lesy. 2017. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Materi Alat Indera Melalui Model Pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle.” Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/236346207.Pdf.
Rosantiana Nm. 2016. “Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Pada Pembelajaran Pkn Di Smp Muhammadiyah 4 Semarang.” Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Pada Pembelajaran Pkn Di Smp Muhammadiyah 4 Semarang. 1 (2): 1–58.
Sanggara, Ido. 2015. “Penerapan Strategi Reading Guide Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Pkn Pada Siswa Kelas Iv Sdn Banjarejo 1 Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2014/2015.” Http://V2.Eprints.Ums.Ac.Id/Archive/Etd/32936/1/1.
Suwadi. 2016. “Penerapan Strategi Pembelajaran Point-Counterpoint Bervariasi Untuk Meningkatkan Daya Kritis Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pkn Topik Usaha Pembelaan Negara Bagi Siswa Kelas Ix E Smp Negeri 1 Mojosongo.” Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Teknodika/Article/View/34703/22720.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. N.D. “Introduction And Aim Of The Study.” Acta Pædiatrica 71: 6–6. Https://Doi.Org/10.1111/J.1651-2227.1982.Tb08455.X.
Widarto, Et Al. 2012. “Pengembangan Model Pembelajaran.” Cakrawala Pendidikan Xxxi (3): 409–23.
Copyright (c) 2021 Ahmad Muhibbin, Ginda Tia Monica, Patmisari Patmisari, Achmad Muthali'in
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Asanka: Journal of Social Science and Education allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.