UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Irawati Nuraeni(1*), Selvi Novitasari(2), Muh Husen Arifin(3), Tin Rustini(4)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan manusia. Adanya pendidikan manusia dapat hidup dengan baik dalam masyarakat. Memasuki abad ke 21 ini dunia pendidikan beranjak pada pendidikan yang berbasis nilai dan karakter. Pembentukan karakter peduli sosial menjadi salah satu dari 18 pendidikan karakter yang diatur oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Melalui pembelajaran IPS, pembentukan karakter peduli sosial tersebut dapat terlaksana karena pada dasarnya pembelajaran IPS merupakan cabang dari pengetahuan kehidupan manusia sehari-hari sehingga memiliki peran dalam membentuk serta mengembangkan karakter peserta didik untuk keberlangsungan hidup di lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pembentukan karakter peduli sosial peserta didik melalui pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan yang dalam pengumpulan datanya menggunakan bahan-bahan kepustakaan, peneliti mengumpulkan data dari buku, artikel, ataupun jurnal terdahulu. Hasil pada penelitian ini yaitu bagaimana pembelajaran IPS dalam membentuk karakter peduli sosial peserta didik khususnya pada tingkat sekolah dasar.

Full Text:

Untitled

References


Adnyana, Komang Surya. “Peran Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Pembentukan Karakter.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar 1, no. 1 (2020).

Afandi, Rifki. “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar.” Pedagogia 1, no. 1 (2011).

Arif, Muhamad, Jesica Dwi Rahmayanti, and Fitri Diah Rahmawati. “Penanaman Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar.” Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 13, no. 2 (2021): 289–308. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.802.

Barsihanor, and H. Abdul Hafiz. “Pengaruh Pembelajaran Pendidikan IPS MI/SD Terhadap Pembentukan Karakter Peduli Sosial Mahasiswa PGMI UNISKA MAB Banjarmasin.” JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education 2, no. 1 (2018): 97–118.

Fauzi, Achmad Ryan, Zainuddin, and Rosyid Al Atok. “Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning.” Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS 2, no. 2 (2017): 27–36.

Huriyah. “Menumbuhkan Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS Siswa SD Home Schooling Primagama Banjarmasin.” Al-Adzka 9, no. 2 (2019).

Isnaeni, Yuni, and Tutuk Ningsih. “Pembentukan Karakter Peduli Sosial Melalui Pembelajaran IPS.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP) 5, no. 3 (2021): 662–72. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2255.

Marhayani, Dina Anika. “Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran IPS.” Jurnal Edunomic 5, no. 2 (2017).

Parni. “Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar.” Cross-Border: Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara 3, no. 2 (2020).

Rahmi, Agnia, Tin Rustini, and Yona Wahyuningsih. “Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Siswa SD Melalui Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 6 (2021).

Salma, Dhias, Hanny Nur Alifia, Muh. Husen Arifin, and Tuti Istianti. “Internalisasi Keberagaman Budaya Dengan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 6, no. 2 (2021).

Setyowati, Eva Astriani. “Peran Sekolah Dalam Pembiasaan Nilai Karakter Peduli Sosial Melalui Pembelajaran Dalam Jaringan.” Sistem-Among: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 1, no. 2 (2021): 55–61.

Towaf, Siti Malikhah. “Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.” Jurnal Ilmu Pendidikan 20, no. 1 (2014).




DOI: https://doi.org/10.21154/asanka.v3i1.3927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Irawati Nuraeni, Selvi Novitasari, Muh Husen Arifin, Tin Rustini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

_________________________________________________________________

Journal of Social Science and Education
Social Science Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, IAIN Ponorogo 

Jalan Pramuka No. 156, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
Po. Box. 116 Kodepos 63471
email: asanka@iainponorogo.ac.id

Map Coordinate: Lat-7 ° 51'46 " Long 111 ° 29'32"