Peran Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran PPKN secara Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN

Nurul Kholifah(1*), Teja Insyaf Sukariyadi(2), Yuni Harmawati(3)

(1) Universitas PGRI Madiun
(2) Universitas PGRI Madiun
(3) Universitas PGRI Madiun
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendampingan orang tua dalam pembelajaran PPKn secara daring untuk meningkatkan hasil belajar PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dimasa pandemi covid-19 proses pembelajaran dilakukan secara daring. Orang tua dirumah dituntut layaknya menjadi guru bagi anak-anaknya. Orang tua siswa kelas 8E SMPN 4 Saradan memiliki persepsi tentang pembelajaran daring adalah belajar yang dilakukan dirumah dengan menggunakan handphone dan anak diberi tugas dan kemudian dikumpulkan disekolah. Secara umum, peran pendampingan yang dilakukan oleh orang tua yaitu meliputi menyediakan fasilitas belajar yang memadai yaitu alat tulis dan wifi, mengawasi kegiatan belajar anak, mengawasi penggunaan waktu belajar, melihat tugas yang diberikan dan bertanya kepada anak sudah mengerjakan tugasnya atau belum, dan mengajari anak jika ada yang tidak bisa. Peran pendampingan orang tua yang dilakukan secara maksimal akan meningkatkan hasil belajar. Namun, dalam melakukan pendampingan belajar orang tua mengalami kesulitan dalam hal kurang memahami materi, pekerjaan dan usia. Solusi ketika orang tua tidak dapat melakukan pendampingan yaitu dengan meminta anak untuk mencari jawaban di internet, bertanya ke guru yang bersangkutan dan bertanya ke teman sebaya.

 

ABSTRACT

This study aims to determine the role of parental assistance in online Civics learning to improve Civics learning outcomes.This research is a descriptive research with a qualitative approach. During the COVID-19 pandemic, the learning process is carried out online. Parents are required to be at home as teachers for their children. Parents of grade 8E students at SMPN 4 Saradan have a perception that online learning is learning that is done at home using mobile phones and children are given assignments and then collected at school. In general, the mentoring role carried out by parents includes providing adequate learning facilities, namely stationery and wifi, supervising children's learning activities, supervising the use of study time, seeing the assignments given and asking children whether they have done their work or not, and teaching children. if anything can't. The role of parental assistance that is carried out optimally will improve learning outcomes. However, in providing learning assistance, parents have difficulty in understanding the material, occupation and age. The solution when parents cannot provide assistance is to ask children to look for answers on the internet, ask the teacher in question and ask their peers.

 

Keywords


Parents Assintance; Civics Learning; Learning Outcomes.

Full Text:

PDF

References


Alami, Y. “Media Pembelajaran Daring Dimasa Covid-19.” Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2020): 49–56.

Conny R. Semiawan. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo, 2017.

Fadilah, M., and D. Arsinta. “The Effect of Social Contacts on The Spreads of Covid-19 In Indonesia.” Advances in Social Science Research Journal 7, no. 6 (2020): 233–42.

Khairi, Ahmad Imam. Sifuyanto, Moh. Imam. “Kinerja Guru Kelas Ditengah Pandemi Covid-19 Pada Materi IPS Kelas 5 SDN Larangan Luar 03 Pamekasan.” ASANKA: Journal of Social Science And Education 2, no. 2 (2021): 161–70. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/asanka.v2i2.3151.

L.T Prawanti, and W Sumarni. “Kkendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19.” In In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), Vol. 3, No. 1 pp. 268-291, 2020.

Mufidah, Nastiti. “PROGRAM JAM WAJIB BELAJAR DALAM MEMBENTUK CIVIC DISPOSITION WARGA NEGARA.” HUMANIKA 23, no. 1 (2016): 42. https://media.neliti.com/media/publications/62190-ID-none.pdf.

Pohan, Albert Efendi. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi- Grobongan, Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung, 2020.

Prasetyo, Fajar Ahmad Dwi. “Pendampingan Oang Tua Dalam Kegiatan Belajar Anak (Studi Deskriptif Tentang Tingkat Optimalisasi Dalam Proses Belajar Anak Menurut Persepsi Siswa Kelas X SMKN Nanggulan Tahun Ajaran 2017/2018.” Universitas Sanata Dharma., 2018.

Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempegaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta, 2019.

Yuliana. “Corona Virus Desease (Covid-19) : Sebuah Tinjauan Literatur.” Wellness and Healthy Magazine 2, no. 1 (2020).




DOI: https://doi.org/10.21154/asanka.v3i1.4576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurul Kholifah, Teja Insyaf Sukariyadi, Yuni Harmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

_________________________________________________________________

Journal of Social Science and Education
Social Science Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, IAIN Ponorogo 

Jalan Pramuka No. 156, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
Po. Box. 116 Kodepos 63471
email: asanka@iainponorogo.ac.id

Map Coordinate: Lat-7 ° 51'46 " Long 111 ° 29'32"