Implementasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Balong

Deni Yogi Putra(1*), Nastiti Mufidah(2)

(1) IAIN Ponorogo
(2) IAIN Ponorogo
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS kelas VII. Selanjutnya mengetahui kekurangan dan kelebihan pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS kelas VII. Tujuan yang terakhir yakni guna mengetahui apa yang perlu diperbaiki supaya pembelajaran daring berjalan lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif study kasus. Penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran daring di SMPN 1 Balong melalui tiga tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Selain itu pembelajaran daring di SMPN 1 Balong memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Beberapa kelebihan dari penggunaan metode daring yakni lebih efisen, siswa tidak bergantung pada guru, meningkatkan kepercayaan diri siswa, melatih siswa lebih kreativitas dan bertanggung jawab, mempermudah siswa dalam mencari informasi terkait mata pelajaran melalui internet, materi pembelajaran yang bisa dipelajari kembali karena tersimpan di handphone atau laptop. Namun terdapat pula beberapa kekurangan pembelajaran daring antara lain, sebagian siswa memiliki koneksi jaringan yang buruk, sebagian siswa tidak memiliki fasilitas yang baik kurangnya kreativitas pendidik dalam menggunakan media pembelajaran, metode pembelajaran yang hanya pemberian rangkuman materi, pendidik tidak mampu mengawasi perkembangan peserta didik. Kesimpulan dalam penelitian ini yakni penerapan pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Balong telah efektif namun guna meningkatkan efisiensi pembelajaran tersebut, mana terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki diantaranya yakni fasilitas, media , metode, serta peningkatan kreativitas pendidik.

 

ABSTRACT

This study aims to determine the application of online learning in social studies subjects for class VII. Furthermore, knowing the advantages and disadvantages of online learning in social studies subjects for class VII. The last goal is to find out what needs to be improved so that online learning runs better. This research uses a case study qualitative research method. This study uses interviews, observation and documentation. The results of this study indicate that the application of online learning at SMPN 1 Balong goes through three stages, namely, planning, implementation, and evaluation. In addition, online learning at SMPN 1 Balong has several advantages and disadvantages. Some of the advantages of using the online method are that it is more efficient, students do not depend on teachers, increases student confidence, trains students to be more creative and responsible, makes it easier for students to find information related to subjects via the internet, learning materials that can be studied again because they are stored on mobile phones. or laptops. However, there are also some shortcomings of online learning, among others, some students have poor network connections, some students do not have good facilities, lack of creativity of educators in using learning media, learning methods that only provide material summaries, educators are not able to monitor the development of students. The conclusion in this study is that the application of online learning at SMP Negeri 1 Balong has been effective but in order to improve the efficiency of the learning, there are several things that need to be improved including facilities, media, methods, and increasing educator creativity.

Full Text:

PDF

References


Afifudin, and Beni Ahmad Saebani. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia, 2009.

Arum, Annisa Etika, and Endang Susilaningsih. “Pembelajaran Daring Dan Kajian Dampak Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar Kecamatan Muncar.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2020.

Conny R. Semiawan. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo, 2017.

Gencosman, T. “Effect of Student Teams-Achievement Divisions Technique Used in Science and Technology Education on Self-Efficacy, Test Anxiety and Academic Achievement.” Journal of Baltic Science Education 11, no. 1 (2012): 43–54. https://api.elsevier.com/content/abstract/scopus_id/84859167173.

Kuntarto. “Keefektivan Model Membelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Jndonesia.” Journal Indonesian Lenguage Education and Literature 3, no. 1 (n.d.): 53–65.

Mustakim. “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics.” Al Asma: Journal of Islamic Education 2, no. 1 (2020): 1–12.

Nasional, Kementrian Pendidikan. Undang-Undang Dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan. Jakarta: Kemenpen, 2006.

Nugrahani, Farida. Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta, 2014.

Nurkaeti, Nunuy, Apriyanti Widiansyah, Dariyanto Dariyanto, and Husna Farhana. “Implementasi Read Aloud Pada Orang Tua Siswa Dalam Mendorong Gerakan Literasi Sekolah Di SDN Harapan Baru III.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ 3, no. 2 (2020): 105–14. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v3i2.203.

Raco. Metodologi Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik Dan Kegunaanya. Jakarta: PT Grasindo, 2010.

S, Rustiani, and Suarti Djafar. “Penerapan Teori Belajar Bloom Dan Krathwohl Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kesebangunan Pada Peserta Didik Kelas IX.A SMP Negeri 1 Duapitue.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2018): 97–107. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.18.

Suhery. “Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dan Google Clasroom Pada Guru Di SDN 17 Mata Air Padang SelatanSuhery, Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dan Google Clasroom Pada Guru Di SDN 17 Mata Air Padang Selatan.” ..Jurnal Inovasi Pendidikan 13, no. 1 (n.d.): ISSN. 2722-9467.

Usman, Nurdin. “Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (n.d.): ISSN 2549-8959.

Widodo, Edi, and H Hastuti. “Local Wisdom in Responding to Disaster of Merapi Eruption: Case Study of Wonolelo Village.” Geosfera Indonesia, 2019. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i3.14066.

Wulansari, Andhita Dessy. Penelitian Pendidikan : Suatu Pendekatan Praktis Dengan Menggunakan SPSS. Ponorogo: STAIN Ponorogo Press, 2012.




DOI: https://doi.org/10.21154/asanka.v3i1.4577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Deni Yogi Putra, Nastiti Mufidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

_________________________________________________________________

Journal of Social Science and Education
Social Science Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, IAIN Ponorogo 

Jalan Pramuka No. 156, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
Po. Box. 116 Kodepos 63471
email: asanka@iainponorogo.ac.id

Map Coordinate: Lat-7 ° 51'46 " Long 111 ° 29'32"