Penanaman Nilai-Nilai Demokrasi Melalui Pembelajaran IPS Sub Pokok Pluralitas (Studi Kasus di SMP Islam Terpadu Nuurusshidiiq Kota Cirebon)

  • Fadillah Fadillah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Cecep Sumarna IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Yunita Yunita IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Abstract views: 280 , PDF downloads: 633
PENANAMAN NILAI-NILAI DEMOKRASI MELALUI PEMBELAJARAN IPS SUB POKOK PLURALITAS (STUDI KASUS DI SMP ISLAM TERPADU NUURUSSHIDIIQ KOTA CIREBON) downloads: 0
Keywords: Planting value, Democratic Values, Social Studies Learning, Plurality

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penanaman nilai-nilai demokrasi melalui pembelajaran IPS sub pokok pluralitas di kelas VIII SMP Islam Terpadu Nuurusshidiiq Kota Cirebon. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai demokrasi, cara penanaman nilai-nilai demokrasi, faktor pendorong dan penghambat nilai-nilai demokrasi, serta mengintegrasikan strategi nilai-nilai demokrasi dalam sistem pendidikan, terutama pada aspek pembelajaran di kelas VIII SMP Islam Terpadu Nuurusshidiiq Kota Cirebon. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan metode study kasus. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai demokrasi telah ditanamkan dengan baik dalam pembelajaran IPS. Nilai-nilai demokrasi yang dikembangkan dengan baik diantaranya nilai toleransi, nilai kebebasan berkelompok, nilai kebebasan berpendapat, kerjasama dengan sesama, percaya diri. Cara penanaman nilai-nilai demokrasi dengan menggunakan metode diskusi, tanya jawab, ceramah, di luar kelas dan demonstrasi. Faktor pendorong penanaman nilai-nilai demokrasi melalui pembelajaran IPS adalah pendidik, sarana prasarana, dan budaya di sekolah. Faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai demokrasi melalui pembelajaran IPS adalah alokasi waktu dan kurangnya motivasi dalam diri siswa.

 

 ABSTRACT

This study aims to describe the cultivation of democratic values through social studies learning, the sub-subject of plurality in class VIII of SMP Islam Terpadu Nuurusshidiiq, Cirebon City. In addition, this study aims to determine democratic values, how to instill democratic values, driving and inhibiting factors for democratic values, and integrate the strategy of democratic values in the education system, especially in the aspects of learning in class VIII of SMP Islam Terpadu Nuurusshidiiq Cirebon City. This study's data collection uses a qualitative and case study approach. This study used observation, interviews, and documentation. The results showed that democratic values had been well instilled in social studies learning. Well-developed democratic values include the value of tolerance, the value of freedom of the group, the value of freedom of opinion, cooperation with others, and self-confidence. How to instill democratic values by using the methods of discussion, question and answer, lectures, outside the classroom, and demonstrations. The driving factors for cultivating democratic values through social studies learning are educators, infrastructure, and school culture. The inhibiting factor in cultivating democratic values through social studies learning is the allocation of time and the lack of motivation in students.

References

Arikunto. (2013). ProsedurPenelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Christopel, S. A. (2016). Pemahaman Nilai-Nilai Demokrasi Siswa Melalui Metode Inquiri Pada Pembelajaran PKN Di SMA Negeri 1 Gamping Sleman. Jurnal Pendidikan IPS, 14-26 Vol 3.

Djamarah, B. S. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Asdi Mahastya.

H.A.R, T. (2002). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani. Bandung.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran . Yogyakarta.

Indonesia, P. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

Irianto, Y. B. (2011). Kebijakan Pembaruan Pendidikan : Konsep, Teori, dan Model . Jakarta : Rajawali Pers.

Lathifatul, I. (2013). Melihat Potret Harmonisasi Hubungan Antar Umat Beragama. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 3.

mu'id, & Toha, M. (2017). Penanaman nilai-nilai demokrasi melalui pembelajaran IPS di Kelas VIII SMP Negeri 1 Wilangan Kabupaten Nganjuk . Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 18.

Muslisch, M. (2009). Melakukan PTK Itu Mudah . Jakarta.

Numan, S. (2001). Menggagas pembaharuan pendidikan IPS . Bandung.

Puji, A. &. (2020). Strategi Guru PPKN Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Demokrasi Pancasila Pada Siswa Kelas VIII Di MTs Hidayatul Athfal Kalirejo Kecamatan Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama , 1-7.

Rahmah, H. (2014). Pengembangan Profesi Pendidikan IPS . Bandung : Alfabeta.

Rahmat, H. D. (2006). Hakikat dan Makna Nilai . Bandung.

Rini, N. D. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan . Jurnal Pendidikan Ke-SD-an , 164-168, Vol 3.

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar . Bandung.

Siyamto, R. (2016). Internalisasi Nilai Nilai Demokrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII MTS Negeri Ngablak Kab. Magelang.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian . Yogyakarta : PUSTAKA BARU PRESS.

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah . Jakarta.

Zamroni. (2011). Pendidikan Demokrasi Pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.

PlumX Metrics

Published
2022-09-23
Section
Articles