Pelaksanaan Lesson Study Bagi Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Kasus Pada MGMP PKn SMP Kabupaten Ogan Ilir)

  • Mita Purnama Universitas Islam Ogan Komering Ilir
Abstract views: 206 , PDF downloads: 238
Keywords: Pedagogical Competence, MGMPs, Lesson Study, Civics

Abstract

ABSTRAK

Kompetensi pedagogik guru saat ini belum mencapai kondisi optimal dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tahapan pelaksanaan kegiatan lesson study dan mengidentifikasi pengembangan kompetensi pedagogik guru setelah mengikuti lesson study oleh musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) PKn SMP Kabupaten Ogan Ilir. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumnetasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, tahapan lesson study mulai perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi berjalan dengan baik sesuai dengan tujuannya. Kedia terkait pelaksanaan lesson study memberi dampak positif terhadap perkembangan kompetensi pedagogik guru baik secara manajerial maupun praktik pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tahapan-tahapan pelaksanaan lesson study mampu mengembangkan kompetensi pedagogik guru. Hal ini dapat dilihat dari kesiapan MGMP dalam memfasilitasi guru mengikuti kegiatan di lapangan. Selanjutnya, dampak dari pelaksanaan tahapan lesson study bagi pengembangan kompetensi pedagogik guru dapat dilihat dari perubahan sikap, kebiasaan, kesiapan, dan pola pengajaran yang ditunjukkan oleh guru dalam setiap proses kegiatan belajar dan mengajar di kelas.

ABSTRACT

Teachers' current pedagogical competence has not yet reached optimal conditions for supporting the improvement of national education quality. This study aimed to identify the development of teacher pedagogic competence after attending lesson study by subject teachers' deliberations (MGMP) in Civics at SMP in Ogan Ilir Regency. The research employed a qualitative approach with case studies. The technique of data collection methods included interviews, observation, and documentation. Data were analyzed through data reduction, presentation, and conclusion drawing. The findings revealed that the stages of lesson study, from planning to implementation to reflection, were completed successfully and following their objectives. Secondly, the use of lesson study positively impacts the development of teachers' pedagogical competencies, both managerially and in terms of learning practices. The findings of this study indicate that the stages of implementing lesson study can help teachers develop their pedagogical skills. It is evidenced by the MGMP's readiness to assist teachers in field activities. Furthermore, the impact of implementing the lesson study stages for the development of teachers' educational competencies can be seen in changes in attitudes, habits, readiness, and teaching patterns demonstrated by teachers in all teaching and learning activities in the classroom.

 

References

Al Muchtar., S. (2014). Filsafat Hukum Kajian Filsafati ke Arah Memperkuat Konsepsi Sistem Hukum Pancasila. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

Barnawi & Arifin, M. (2014). Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1997/1998).Pedoman Penyelenggaraan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Jakarta: Depdikbud.

Emilda, Rika. (2015). Hubungan Tingkat Pemahaman Guru Tentang Kompetensi Pedagogik Dengan Tingkat Kemampuan Mengajar Guru. Vol. 3 (5), hlm. 1-13.

Evirianti, D., dkk. (2014). Studi Komparatif Kompetensi Pedagogik Guru PKn Berdasarkan Latarbelakang Pendidikan. Vol. 2 (4), hlm. 1-14.

Lampiran Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi guru.

Mulyasa. (2013). Uji kompetensi dan penilaian kinerja guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Parmin. (2007). Strategi Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Lesson Study. Vol. 36 (2), hlm 5.

Purwati & Supandi. (2011). Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Dosen Melalui Lesson Study. Vol. 2 (2), hlm. 3-12.

Rozak & Fauziah (2013). Implementasi Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Indonesia di SMP Kabupaten Cirebon. Vol. 13 (2), hlm. 1-13.

Rusman. (2010). Model-Model Pemebelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Raja Grafindo Persada

Tedjawati, J, M. (2011). Peningkatan kompetensi guru melalui lesson study: kasus di kabupaten bantul.Vol. 17 (4), hlm. 484.

Undang., G. (2009). Lesson Study. Bandung: Sayagatama Press.

PlumX Metrics

Published
2022-09-12
Section
Articles