Penguatan Literasi Pembelajaran IPS dalam Menghadapi Perubahan Sosial Budaya Generasi Z Era 4.0

  • Fatma Laili Khoirunnida IAIN Ponorogo
  • Siti Maryam Yusuf IAIN Ponorogo
Abstract views: 375 , PDF downloads: 312
Keywords: literacy, industrial revolution era 4.0, generation Z, integrated social studies

Abstract

ABSTRACT

This study has the aim of analyzing the form of activities for strengthening social studies learning literacy in dealing with socio-cultural changes of generation Z era 4.0 in class IX A MTsN 6 Sampung Ponorogo. Analyzing the supporting and inhibiting factors for strengthening social studies learning literacy in the face of social change. As well as analyzing the changes that occurred in students after the social studies learning literacy movement in the face of socio-cultural changes. This research is a qualitative research with data collection methods of observation, interviews and documentation. Based on the results of the analysis of research data, it was found that efforts to strengthen literacy in the 4.0 era for students, the majority of which were Generation Z, were carried out with the help of several approaches such as communicative approaches, CBSA, integrative, process skills, science, society and technology. This is stated in the school literacy movement starting from early literacy, basic literacy, library literacy, media literacy, technological literacy and visual literacy. Inhibiting factors come from internal and external such as lack of motivation, environmental influences and limited facilities either at school or at each child's home. The conclusion of this study is literacy strengthening activities using forms of early literacy, basic literacy, library literacy, media literacy, technological literacy and visual literacy that bring students to be more aware and understand the importance of reading, be innovative and humanize humans today. They have now been able to instill values, norms, morals and love for local culture in themselves. In addition, they have been aware to be wise in the use of students' insights.


ABSTRACT

Penelitian ini memiliki tujuan  menganalisis bentuk kegiatan penguatan literasi pembelajaran IPS dalam menghadapi perubahan sosial budaya generasi Z era 4.0 di kelas IX A MTsN 6 Sampung Ponorogo. Menganalisis faktor pendukung dan penghambat penguatan literasi pembelajaran IPS dalam menghadapi perubahan sosial. Serta menganalsis perubahan yang terjadi pada siswa setelah gerakan literasi pembelajaran IPS dalam menghadapi perubahan sosial budaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengambilan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan perolehan hasil analisis data penelitian ditemukan bahwa pengupayaan penguatan literasi era 4.0 kepada peserta didik yang mayoritas generasi Z dilakukan dengan bantuan beberapa pendekatan seperti pendekatan komunikatif, CBSA, integratif, ketrampilan proses, ilmu, masyarakat dan teknologi. Hal tersebut dituangkan dalam gerakan literasi sekolah mulai dari literasi dini, literasi dasar, literasi library, literasi media, literasi teknologi dan literasi viasual. Faktor penghambat berasal dari internal maupun eksternal seperti kurangnya motivasi, pengaruh lingkungan dan keterbatasan fasilitas baik di sekolah ataupun di rumah masing-masing anak. Kesimpulan pada penelitian ini yakni kegiatan penguatan literasi dengan menggunakan bentuk literasi dini, literasi dasar, literasi library, literasi media, literasi teknologi dan literasi viasual yang membawa peserta didik lebih sadar dan paham akan pentingnya membaca, inovatif dan saling memanusiakan maunisia saat ini. Mereka kini telah mampu menanamkan nilai, norma, moral dan cinta kebudayaan lokal kepada dirinya. Selain itu mereka telah sadar untuk bijak dalam penggunaan wawasan peserta didik.

References

Arsyad, M. (2021). Teori Belajar dan Peran Guru pada Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Banjarmasin: Lembaga Mangkurat University Press

Hastini, L. Y., Chairoel, L., & Fitri, M. E. Y. (2021). Analisis Peranan Literasi Teknologi dan Informasi Sebagai Variabel Moderating Dalam Hubungan Openness To Expereience, Conscientiousness, Agreeableness, Serta Neuroticism Dengan Perencanaan Karier Pada Generasi Z di Universitas Dharma Andalas. Majalah Ilmiah UNIKOM, 19(2), 69-76.

Khairi, Ahmad Imam. Sifuyanto, Moh. Imam. “Kinerja Guru Kelas Ditengah Pandemi Covid-19 Pada Materi IPS Kelas 5 SDN Larangan Luar 03 Pamekasan.” ASANKA: Journal of Social Science And Education 2, no. 2 (2021): 161–70. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/asanka.v2i2.3151.

Nasrullah, A. (2020). Pendidikan Karakter Perskpektif Ibnu Khaldun: Suatu Kebutuhan Generasi Milenial di Era Industri 4.0. Tafhim Al-'Ilmi, 12(1), 1-17.

Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi media sosial dalam pembelajaran generasi z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80-86.

Nasution, T., & Lubis, M. A. (2018). Konsep Dasar IPS. Yogyakarta: SAMUDRA BIRU.

Nurhayati, N., Pitoweas, B., Putri, D. S., & Yanzi, H. (2020). Analisis Kepekaan Sosial Generasi (Z) Di Era Digital Dalam Menyikapi Masalah Sosial. In International Conference on Early Childhood Education and Parenting.

Nursi, B. S. (2014). Tuntunan Generasi Muda. Tangerang: Risale Press.

Pangesti, W. (2016). Desain induk gerakan literasi sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan dasar dan menengah. Kemendikbud, Jakarta.

Satgas Gerakan Literasi Sekolah Kemendikbud. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sawitri, D. (2019). Revolusi Industri 4.0: Big Data Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Maksitek, 4(3),1-9.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, M., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). INDUSTRY 4.0 vs SOCIETY 5.0. Purwokerto: CV. Pena Persada.

Sujak, A. (2000). Mengajar Generasi Z. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Mandiri.

Vudu Abdul R,dkk. (2018). Realitas Virtual Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Direktor Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Zis, S. F., Dewi, R. S., & Efendi, Z. (2021). Model Perilaku Komunikasi Generasi Muda Dalam Pemanfaatan Media Digital Memasuki Era 4.0 Dan 5.0 di Kecamatan Kuranji. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1).

PlumX Metrics

Published
2022-09-10
Section
Articles