Penggunaan Media Powtoon dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring pada Pembelajaran IPS

  • Balqis Nahdliya Azzaha Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Nastiti Mufidah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Muthia Aprianti Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract views: 222 , PDF downloads: 222
Keywords: Powtoon Media, Social Studies Learning, Online Effectiveness.

Abstract

Tingkat perkembangan suatu bangsa juga ditentukan oleh unsur-unsur kemajuan dan perkembangan suatu pendidikan Pandemi covid menjadikan dampak yang besar pada sistem pendidikan dimana banyak siswa yang tidak bisa menerima materi pembelajaran dengan baik karena pandemi.banyak siswa yang mengeluh pembelajaran yang diberikan oleh bapak ibu guru cenderung monoton dan membosankan. Selain itu peneliti  juga menapat informasi bahwa banyak guru yang kesulitan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif pada masa pandemi. Ristiwa ini adalah akibat dari Pandemi Covid 19 Menjadikan Peralihan Pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran daring dari rumah, hal ini menjadikan faktor dimana pentingnya teknologi yang berperan aktif dalam memberikan inovasi dan kreatifitas penyampain materi  Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dari hasil penelitian  yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan sebagai berikut : 1)penggunaan media powtoon sangat membantu meningkatkan efektitas pembelajaran daring pada pembelajaran IPS, powtoon menjadi salah satu media pembelajran yang mampu memberikan kemudahan bagi peserta didik/ siswa dalam lebih memperhatikan materi yang telah dismpaikan karena sangat menarik perhatian siswa dalam memahami materi karena mudah dipahami dan diingat, yang tidak selalu berfokus pada media buku saja. 2) hambatan yang dihadapi oleh guru dan siswa SMPN 1 Sambit Ponorogo adalah belum terbiasa beradaptasi dengan pembelajaran daring dengan penerapan system, apalagi kebijakan sekolah yang menggunakan banyak aplikasi maupun media pembelajaran, dan masih banyak sekali siswa yang mengeluh kuota internet, sinyal yang tidak stabil.

 

ABSTRACT

The level of development of a nation is also determined by the elements of progress and development of an education The covid pandemic has had a big impact on the education system where many students cannot receive learning materials properly because of the pandemic. Many students complain that the learning provided by the teachers tends to be monotonous and boring. In addition, researchers also received information that many teachers had difficulty creating effective learning during the pandemic. This incident is the result of the Covid 19 Pandemic. Making the Learning Switch from face-to-face to online learning from home, this is a factor where technology plays an active role in providing innovation and creativity in delivering material. This research was carried out through a qualitative approach with a descriptive type. From the results of research conducted by researchers, it can be concluded as follows: 1) the use of powtoon media is very helpful in increasing the effectiveness of online learning in social studies learning, powtoon is one of the learning media that is able to provide convenience for students / students in paying more attention to the material that has been conveyed because it is very attract students' attention in understanding the material because it is easy to understand and remember, which does not always focus on the media of books only. 2) the obstacles faced by teachers and students of SMPN 1 Sambit Ponorogo are that they are not used to adapting to online learning by implementing the system, especially school policies that use many applications and learning media, and there are still many students who complain about internet quotas, unstable signals.

References

Furchan Arif, 1992,Pengantar Metodologi Penelitian Kualitatif, Surabaya: Usaha Nasional

Günaydin and Aysen Karamete, “Material Development to Raise Awareness of Using Smart Boards: An

Example Design and Development Research,” European Journal of Contemporary Education 15,

no. 1 (2016): 114– 22, https://doi.org/10.13187/ejced.2016.15.114

Gunawan, Imam,2013, Metode Penelitian kualitatif ,teori dan praktik, (Jakarta : PT. bumi aksara,

Hasan Ibnu Muchtar, 2015, Efektivitas FKUB dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan

Jatiningtias, Niken Henu. “Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang 2017,” n.d.

Karamete a Serpil Gunaydin a, ‗Material Development to Raise Awareness Of Using Smart Boards

Powtoon„, Journal Of Contemporary Education University, Turkey Europeaan, 15.1 (2016),116

Lexy Moleong, 2012,Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,

Syafri, Edi; Endrizal, Nfn. “Media Pembelajaran.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2013): 1689–99.

Sadikin, Ali, and Afreni Hamidah. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” Biodik 6, no. 2 (2020): 214–24. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Sholihah, “Penggunaan Media Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Program Studi Pendidikan

Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Tarbiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah

Sidoarjo.”

Syaodih Nana Sukmadinata, 2009,Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya

https://scholar.google.co.id/

Wahid, Abdul. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar.” Istiqra 5, no. 2 (2018): 1–11.

PlumX Metrics

Published
2022-09-21
Section
Articles