Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial dengan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Geografi

  • Dhimas Bagus Virgiawan Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Murtini Universitas Negeri Surabaya
  • Ririn Ra'ifatur Rahmah SMA Negeri 13 Surabaya
Abstract views: 86 , PDF downloads: 110
Keywords: Discovery Learning, Spasial Thinking, Skills

Abstract

ABSTRACT

Spatial thinking skills are needed for students in following the geography learning process. This is aims to improve the ability think spatially with the Discovery Learning model in Geography learning. This is a type of Classroom Action Research at quantitative descriptive analysis which aims to improve the learning process from current conditions to expected conditions. The research was conducted at SMA N 13 Surabaya with the research object being class X-4 with 30 students. The class action research cycle is carried out twice with one face-to-face meeting each. Data collection techniques use observation, projects, and documentation consisting of teaching modules, attendance, and pictures of learning activities. The observation sheet is guided by the PPL 2 PPG Pre-service observation rubric. The conclusion is that there is an increasse the spatial abilities of students through the application of the discovery learning model


Kecapakan berpikir spasial diperlukan bagi siswa/i untuk melaksanakan kegiatan belajar di kelas. Tujuan dari penelitian ini meningkatkan kemapuan berpikir spasial dengan model Discovery Learning pada pembelejaran Geografi. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA N 13 Surabaya dengan objek penelitian adalah kelas X-4 sebanyak 30 peserta didik. Siklus penelitian ini berjumlah dua siklus. Pengumpulan data dengan cara: observasi, proyek, dan dokumentasi yang terdiri dari modul ajar, presensi, dan gambar kegiatan pembelajaran. Lembar observasi berpedoman pada rubrik observasi PPL 2 PPG Prajabatan.. Kesimpulan adalah terjadi kenaikan tingkat keterampilan berpikir spasial peserta didik dengan model discovery learning


References

Verma, Kanika. 2014. Geospatial Thinking of Undergraduate Students in Public Universities in The United States. Disertasi tidak diterbitkan. Texas. Graduate Council of Texas State University.

Gersmehl, Phil. 2008. Teaching Geografphy (Second Edition). New York: Guilford Press.

Hartono. 2015. Pedidikan Geografi di Era Global: Tinjauan Substantif di Era program Nawa Cita dan Isu Dunia. Makalah disajikan dalam Kuliah Tamu Geografi, Jurusan Geografi FIS UM, 3 September.

Ilahi, T M. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy & MentalVocational Skill. Jogjakarta: DIVA Press

Melani, R. 2012. Pengaruh Metode Guided Discovery Learning Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Salimin, M. Hasan. 2017. Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa. Tesis, (Online), http://repository.unpas.ac.id/14856/, diakses 5 Januari 2018.

Prasetyowati, Yulia. 2016. Penggunaan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Pola Spasial Geografi pada Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Yasmuda Ambarawa Tahun Pelajaran 2015/2016. Tesis. (Online), http://digilib.unila.ac.id/25921/20/TESIS, diakses 10 Pebruari 2018

Kurnasih, Imas dan Sani, Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Pena

Sinambela, Pardomuan Nauli Josip Mario. 2013. Kurikulum 2013 dan Implementasi dalam Pembelajaran. Jurnal Generari Kampus Volume 6, Nomor 3, September 2013. ISSN 1978-869X, (Online), (http:/kemahasiswaan.unimed.ac.od/jurnal/JURNAL%20GENERASI%20KAMPUS%VOLUME%206%20NO%202%20TAHUN%202013.pdf), diakses 5 Januari 2018.

Fajri, et all. 2016. Peningkatan Kemampuan Spasial dan Self-Efficacy Siswa melalui Model Discovery Learning Berbasis Multimedia. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9 (2), 180-196. (Online) http://jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/view/14. Diakses 22 Januari 2018

Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Belajar. JakartaL PT

Utami, Sri Wiwik, Sumarmi, Ruja, I Nyoman dn Utaya, Sugeng. 2016. Reacy (Relating, Experience, Applyig, Cooperative, Transferring ) Strategi to Develop Geography Skills. Journal of Education and Practice, 1 (9): 107.

Slavin, E. 1994. Educational Psychology: Theory and Practice. Massachusesttes: Allyn and Bacon Publishers.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka

PlumX Metrics

Published
2023-09-04
Section
Articles